Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Diimbangi PSPS, PSIS Gagal Puncaki Klasemen

Diimbangi PSPS, PSIS Gagal Puncaki Klasemen

METROSEMARANG.COM – PSIS melewatkan peluang memuncaki Grup D usai diimbangi PSPS Pekanbaru pada matchday 4 babak 16 besar di Stadion Jatidiri, Minggu (30/10). Pertandingan diwarnai dua kartu merah untuk kedua tim dan kegagalan Johan Yoga mengeksekusi penalti di babak kedua.

PSIS PSPS
Dedi CP (kiri) kesulitan membongkar pertahanan rapat PSPS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

PSIS langsung menebar ancaman di menit 3. Sodoran Dedi CP dari sisi kanan diteruskan dengan sepakan keras Hari Nur dan memaksa kiper Susanto berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Hari Nur kembali mencoba peruntungan di menit 10. Kali ini sundulannya masih melayang di atas mistar.

Tiga menit berselang, tendangan bebas Safrudin Tahar masih belum menemui bidang sasaran. Sepakan bek kanan PSIS melayang di atas gawang PSPS.

Di menit 17, heading Hari Nur masih bisa ditangkap Susanto. Begitu juga sundulan Safrudin Tahar di menit 22 yang dengan mudah diamankan kiper PSPS.

Semenit sebelum jeda, Hari Nur lagi-lagi memberi ancaman. Tapi, sepakan yang dilepaskan pemain bernomor 22 ini masih menyamping di sisi kanan gawang Askar Bertuah.

Babak pertama praktis menjadi milik tuan rumah. Dominasi PSIS terlihat dari jumlah peluang yang dihasilkan. Anak asuh Eko Riyadi melepaskan enam tendangan, tiga di antaranya tepat sasaran. Sedangkan PSPS sama sekali tak memberi ancaman ke gawang Syaiful Amar.

Semenit setelah turun minum, PSIS kembali mendapat kans mencetak gol. Sayang sodoran Dedi CP dari sisi kiri terlambat disambut rekan-rekannya.

Menit 50 PSIS memeroleh tendangan bebas di dekat kotak penalti. Eksekusi M Yunus masih bisa ditepis Susanto.

PSPS pun mulai berani meladeni dengan permainan terbuka. Skuat racikan Philep Hansen Maramis menghasilkan peluang pertama di menit 55. Sepakan Ahmad Ikhwan harus diselamatkan dengan susah payah oleh Syaiful Amar.

Masuknya Arif Yanggi di awal babak kedua mampu meningkatkan intensitas serangan tuan rumah.

Menit 69 wasit menunjuk titik putih setelah Johan Yoga dilanggar bek PSPS. Wasit M Nizar juga memberi kartu merah untuk pemain tamu, Doly Gultom yang dianggap melakukan protes berlebihan.

Namun, Johan Yoga yang menjadi eksekutor menyia-nyiakan peluang emas yang dimiliki. Sepakannya melayang di atas mistar gawang.

Kalah jumlah pemain, perlawanan PSPS belum mengendor. Beberapa kali Firman Septian dan M Fahri memberi ancaman terhadap pertahanan PSIS.

Menit 88 PSIS juga harus bermain dengan 10 orang setelah Ahmad Agung mengantongi kartu kuning kedua setelah melanggar Ponda Dwi Saputra. Padahal Agung baru sekitar 15 menit berada di dalam lapangan menggantikan Johan Yoga.

Skor kacamata tak berubah sampai akhir pertandingan. Hasil ini membuat PSIS gagal memuncaki klasemen Grup D dan masih tertahan di peringkat empat dengan lima poin. Jumlah yang sama juga dimiliki PSPS dan PSGC Ciamis. Sedangkan Persekap Pasuruan masih nyaman di puncak dengan torehan enam angka. (twy)

Susunan Pemain
PSIS 4-2-3-1: Syaiful Amar–Safrudin Tahar, Rio Saputra, Fauzan Fajri, Herry Susilo; Edy Anto, Bayu Andra; Dedi CP, M Yunus, Hari Nur Yulianto; Johan Yoga Utama

PSPS 4-2-3-1: Susanto–M Mukhlis, Arif Budi Darmawan, Ponda Dwi Saputra, Randy Yolpa; Amril, Ifrawadi; Firman Septian, M Fahri, Riki Dwi Saputro; Ahmad Ikhwan