Home > Berita Pilihan > Diiringi Ribuan Warga, Pemakaman Mantan Wali Kota Soetrisno Suharto Dilakukan secara Militer

Diiringi Ribuan Warga, Pemakaman Mantan Wali Kota Soetrisno Suharto Dilakukan secara Militer

METROSEMARANG.COM – Ribuan pelayat memadati Jalan Wologito X, Kelurahan Kembang Arum, Manyaran, Semarang, pada Minggu pagi (11/6). Di depan rumah yang ada di gang jalan itu, sejumlah prajurit TNI memberikan penghormatan terakhir bagi jenazah mantan Wali Kota Semarang, Soetrisno Suharto.

Prosesi pemakaman mantan Wali Kota Semarang Soetrisno Suharto, Minggu (11/6). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto 

Pelepasan jenazah dilakukan secara militer. Sebuah sangkur jadi penanda serah terima jenazah almarhum dihadapan Dandim 0733/BS Semarang, Kol (Inf) Zainul Bahar.

“Kita berkumpul di rumah duka untuk melakukan persemayamanan jenazah kolonel purnawirawan Soetrisno Suharto. Saya menyatakan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya beliau,” kata Zainul yang didapuk sebagai inspektur upacara pemakaman almarhum.

Sekitar pukul 11.00 WIB, jenazah pun diberangkatkan dari rumah duka. Almarhum Soetrisno Suharto semasa hidupnya pernah menjabat sebagai Wali Kota ke-10 bagi Kota Semarang.

Almarhum menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 77 tahun saat terbaring sakit di RS Telogorejo, Semarang. Almarhum merupakan mantan perwira militer dan purnatugas dengan pangkat terakhir kolonel.

Yolanda, seorang tetangga almarhum mengaku banyak kenangan saat almarhum masih hidup. Selama ini, almarhum dikenal akrab dengan warga sekitar dan suka membantu bila ada tetangganya yang sedang kesusahan.

“Saya sendiri kehilangan sosoknya yang bersahaja, enak diajak ngobrol dan gemar membantu sesama,” akunya.

Dalam rombongan pelayat terdapat rombongan kader FKPPI, para pejuang veteran Kemerdekaan Indonesia, tokoh-tokoh ormas Islam serta pejabat di lingkungan Pemkot Semarang. (far)