Home > METRO BERITA > Dilantik Hari Ini, Pimpinan Dewan DPRD Kota Semarang Sudah Definitif

Dilantik Hari Ini, Pimpinan Dewan DPRD Kota Semarang Sudah Definitif

Pelantikan Pimpinan DPRD Kota Semarang periode 2014-2019, Kamis (11/9). Foto Metrosemarang
Pelantikan Pimpinan DPRD Kota Semarang periode 2014-2019, Kamis (11/9). Foto Metrosemarang

SEMARANG – Pimpinan DPRD Kota Semarang  masa keanggotaan 2014-2019 akhirnya dilantik dan ditetapkan dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Kota Semarang, Kamis (11/9/2014). Pengangkatan Pimpinan Dewan ini dilakukan oleh Kepala Pengadilan Negeri Semarang.

Pimpinan Dewan yang dilantik di antaranya Supriyadi dari Dapil 2 selaku Ketua DPRD, Joko Satoso dari Dapil 2, Wiwin Subiyono dari dapil 6, serta Agung Budi Margono dari Dapil 4 masing-masing selaku Wakil Ketua.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Semarang Adi Tri Hananto, memberikan selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang terpilih periode 2014 – 2019 tersebut. ‘’Semoga amanah yang dipercayakan kepada panjenengan dapat dilaksanakan dengan tulus, ikhlas dan penuh tanggung jawab,’’ ujarnya.

Ia menambahkan bahwa terpilihnya sebagai pimpinan DPRD ini tentu bukan sebuah kebetulan dan bukan dilotere. Namun melalui tahapan demokrasi yang patut kita apresiasi bersama. ‘’Jabatan ini sebuah kepercayaan, amanah dari Allah SWT. Artinya, panjenengan dianggap mampu dan bisa memimpin kawan-kawan anggota DPRD untuk periode lima tahun ke depan,’’ tuturnya.

Menurutnya, para pimpinan DPRD ini setidaknya membawa dua konsekuensi tanggung jawab. Pertama, tanggung jawab internal, di mana harus mampu menjadi pemimpin bagi anggota dewan yang lain. Menjadi panutan dan menjadi yang terdepan dalam menciptakan situasi kondusif, harmonis, dan kompak di dalam tubuh DPRD Kota Semarang. ‘’DPRD itu majemuk dengan berbagai baju partai, jadi panjenengan harus bisa menengahi kebutuhan para anggota dewan,’’ tegasnya.

Kedua, sambung Plh Wali Kota, tanggung jawab eksternal, artinya Pimpinan Dewan membawa aspirasi suara rakyat. ‘’Jangan menutup mata dan telinga terhadap berbagai suara, masukan atau kritikan yang disampaikan masyarakat. Ojo dumeh wis dadi Ketua dan Wakil Ketua Dewan, terus jumawa. Ingat di atas panjenengan masih ada rakyat dan di atas rakyat masih ada Allah SWT,’’ katanya.

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan siap mengemban amanah sebagai ketua dewan. Bersama Pimpinan Dewan lain dirinya segera akan melakukan kegiatan berikutnya setelah diangkat dan ditetapkan sebagai pimpinan dwan. Dalam waktu dekat segara akan dibentuk alat kelengkapan dewan dan komisi-komisi sehingga dapat segera membahas APBD Perubahan 2014 yang sudah sangat mendesak. (MS-13)