Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Dilepas 2 September, Jamaah Haji Kendal Dibagi 4 Kloter

Dilepas 2 September, Jamaah Haji Kendal Dibagi 4 Kloter

image
Ilustrasi

KENDAL – Sebanyak 713 calon jamaah haji dari Kabupaten Kendal yang akan menunaikan ibadah di tanah suci dibagi dalam empat kelompok terbang (kloter). Masing-masing akan berangkat pada tanggal 8 September dan 11 September 2014. Tiga kloter akan digabung dengan jamaah dari daerah lain, sementara satu kloter yakni kloter 22 akan diisi jamaah asal Kabupaten Kendal.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Sumari mengatakan, seluruh jamaan sudah mengikuti sejumlah tahapan termasuk pemeriksaan kesehatan.
“Tes kesehatan sudah memasuki tahap ke dua. Semuanya dipastikan sehat dan siap untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke Mekkah ,” ujarnya. 

Dari total calon jamaah haji dari Kabupaten Kendal, enam di antaranya berusia lanjut. Kendati demikian, keenamnya dipastikan dalam kondisi sehat. “Ada satu yang didampingi, tapi secara umum tidak ada masalah. Baik kesehatan maupun psikis sudah dinyatakan tidak bermasalah,” tambahnya.

Pemberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Kendal ke Mekah dengan jumlah total tersebut akan terbagi menjadi empat kloter. Yakni kloter 21 berangkat pada 8 September sebanyak 143 orang dari Kabupaten Kendal digabung dengan 227 orang dari Kota Semarang.

Kloter 22 berangkat pada 8 September dengan jumlah 370 orang, Kloter 29 berangkat pada 11 September bergabung dengan DIY yakni 116 orang dari Kabupaten Kendal dan DIY 254 orang. Sedangkan Kloter 30 berangkat pada 11 september gabung dengan Kab Semarang yakni 84 orang dari Kabupaten Kendal dan 280 orang dari Kabupaten Semarang.

“Semuanya sudah siap tinggal pemberangkatannya,” ucap Sumari.
Sementara Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kendal, Muhammad Habib menyampaikan bahwa kuota maksimal calon jamaah haji Kabupaten Kendal sebenarnya 705, namun ada penambahan hingga mencapai 713 orang. Jumlah ini meningkat dibanding tahun kemarin yang memberangkatkan 688 orang.

Pemerintah Kabupaten Kendal dengan dihadiri Bupati Widya Kandi Susanti pada 2 September mendatang. (Metrojateng/MJ-01)