Home > METRO BERITA > Dinas Kelautan Gandeng Indo Plastik Ciptakan Tambak Portabel

Dinas Kelautan Gandeng Indo Plastik Ciptakan Tambak Portabel

Penampakan Tambak Portabel. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono
Penampakan Tambak Portabel. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono

 

SEMARANG – Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang memiliki terobosan baru untuk beternak ikan. Dengan menggunakan kolam portabel, semua orang bisa bertani ikan meskipun tidak di area tambak.

Menggandeng Indo Plastik, Dinas Kelautan dan Perikanan bisa membuat air sumur menjadi payau. “Dengan menggunakan proses Salinitas, ikan air payau bisa dikembangbiakkan di gunung sekalipun,” kata Kepala Produksi Indo Plastik, Febri Gani Nasution.

Ini juga menjadi solusi bagi yang tidak mempunyai lahan untuk membuat kolam. Dalam satu kolam protable berukuran diameter 2 meter dan tinggi 1 meter, bisa menampung lele sebanyak 1300 ekor.

Sampai saat ini, ada sekitar 150 petani yang menggunakan kolam portabel dari kelompok petani ikan yang ada di Ngaliyan dan Gunungpati.

Tidak hanya untuk ikan, bahan ini juga bisa digunakan untuk kristalisasi garam. “Warna hitam direkomendasikan lantaran bisa mempercepat proses kristalisasi dan membuat garam menjadi lebih bersih. Ini sudah dicoba di daerah Demak,” kata dia. (ade)