Home > METRO BERITA > Dinas Koperasi Salurkan Rp 732 Juta Dana Bergulir 

Dinas Koperasi Salurkan Rp 732 Juta Dana Bergulir 

image
Usaha Kecil Menengah menjadi sasaran bantuan dana bergulir yang disalurkan Dinas Koperasi. Foto Metrosemarang/MS-01

SEMARANG – Sebesar Rp731 juta dana bergulir telah disalurkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Semarang hingga Juli 2014. Jumlah tersebut sudah hampir dua kali lipat dibanding dana yang disalurkan selama tahun lalu.

Kepala Bidang Pembiayaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Maria I Sri Wahyu mengatakan, pada tahun 2013 lalu dana bergulir yang disalurkan untuk usaha koperasi dan UKM hanya Rp 569,5 juta. ‘’Sedangkan tahun ini, belum sampai akhir tahun sudah mencapai Rp 731 juta,’’ katanya Senin (15/9/2014).

Dana tersebut disalurkan kepada sebanyak 19 jenis usaha. Sedangkan pada tahun lalu pihaknya menyalurkan untuk sebanyak 43 jenis usaha. Jumlah usaha tahun ini lebih sedikit, karena usaha yang diberikan dana bergulir pada tahun ini nilai jaminannya lebih besar dibanding tahun lalu.

Peningkatan penyaluran dana bergulir itu, karena pihaknya lebih selektif memilih jenis usaha yang diberikan dana bergulir. Pengalaman kredit macet yang mencapai 10% setiap tahun menjadi alasan untuk sikap selektif tersebut.

‘’Kredit macet yang kami evaluasi, banyak yang faktornya karena (usahanya) kolaps, sehingga pemilik usahanya pindah tidak tahu keberadaannya. Karena itu harus lebih selektif,’’ tegasnya.

Sejak tahun 2001, tambahnya, pihaknya telah menanamkan dana bergulir di tiga bank. Total dana bergulir yang disalurkan mulai 2001 hingga 2008 mencapai Rp 4,7 miliar. Namun setelah tahun 2008, ada aturan baru bahwa dana bergulir harus punya lembaga sendiri, karena itu tidak ada penambahan dana bergulir pada bank. Hingga tahun 2014 dana bergulir yang disalurkan telah mencapai Rp 15,8 miliar.(MS-13)