Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Dinkes Jateng Temukan Dua Balita Positif Difteri

Dinkes Jateng Temukan Dua Balita Positif Difteri

METROSEMARANG.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah mendapati dua balita mengidap penyakit difteri sekitar dua bulan yang lalu. Kedua pasien difteri itu diketahui berasal dari Semarang dan Karanganyar.

Ilustrasi

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan kasus difteri itu ditemukan pihaknya sekitar bulan September dan Oktober.

“Tapi, mereka sekarang sudah pulang setelah dirawat RSU dalam keadaan sembuh,” terang Yulianto, pada Rabu (6/12).

Yulianto menjelaskan dinasnya sebenarnya telah mendeteksi adanya sepuluh temuan kasus difteri yang ada di wilayahnya.

Meski begitu, ketika dicek ulang di laboratorium sejumlah rumah sakit, hanya dua pasien yang dinyatakan positif sedangkan sisanya negatif.

Sebagai upaya pencegahan, Yulianto sedang gencar melakukan imunisasi secara rutin DPT-HB-Hb. Imunisasi dikerjakan merata di semua daerah.

Dengan upaya itu, ia berharap tak ada lagi warganya yang terinfeksi virus difteri.

Ia pun meminta warga turut berperan aktif untuk menanggulangi penyakit itu. Salah satunya dengan mendorong semua balita untuk diimunisasi.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Jateng, Tatik Muharyati, menyampaikan bila laporan kasus difteri tahun ini cenderung meningkat dibanding tahun kemarin.

Sejauh ini, Tatik sudah berupaya mencegah agar penukaran penyakit difteri tidak meluas.

“Begitu muncul kasus difteri, kita berikan imunisasi di sekitar tempat tinggal pasien. Sudah atau belum pernah, tetap kita berikan imunisasi. Itu pencegahan supaya tidak melebar ke mana-mana,” ujarnya. (far)

Tinggalkan Balasan