Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Dirjen Pajak Minta UMKM Segera Manfaatkan Amnesti Pajak Periode Kedua

Dirjen Pajak Minta UMKM Segera Manfaatkan Amnesti Pajak Periode Kedua

METROSEMARANG.COM – Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah 1 menginginkan para pelaku UMKM yang menjadi Wajib Pajak (WP) untuk segera memanfaatkan Amnesti Pajak di periode kedua sebelum masuk 2017. Menurut Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Salatiga, Totok Hendiarto pemberlakuan Amnesti Pajak bagi UMKM juga berlaku sama, yakni hingga 31 Maret 2017.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Salatiga, Totok Hendiarto. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Salatiga, Totok Hendiarto. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Kami terus melakukan pendekatan agar jumlah warga yang belum pernah mendengar program Amnesti Pajak bisa tahu. Saat ini di DJP Jawa Tengah 1 bisa mengumpulkan Rp 7,6 triliun,” kata dia, Senin (14/11).

Dari data 11 November 2016 terdapat 36.190 WP di bidang UMKM dan yang sudah mengikuti amnesti pajak baru 4.444 WP atau 12,3 persen. Sedangkan yang belum menggunakan haknya ada 31.746 WP atau 87,72 persen.

Dia menjelaskan untuk UMKM dengan omzet sampai Rp 4,8 miliar memiliki tebusan sebesar 0,5 persen. Sedangkan pengungkapan harta diatas Rp 10 miliar bertarif 2 persen.

DJP Jawa Tengah 1 akan berkoordinasi dengan pihak-pihak pembina UMKM, pemerintahan dan para asosiasi untuk bisa melakukan bimbingan teknis mengisi Surat Pernyataan Harta (SPH). SPH yang berprofesi UMKM akan dipermudah dengan melakukan pelaporan menggunakan tulis tangan. (ade)