Home > METRO BERITA > Disdik Segera Susun Pengawas UN SMA/SMK

Disdik Segera Susun Pengawas UN SMA/SMK

 

SEMARANG – Dinas Pendidikan Kota Semarang terus mengebut persiapan akhir jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA sederajat. Setelah melakukan tahap pencetakan daftar nominasi tetap (DNT), Disdik segera menyusun penempatan pengawas.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kota Semarang, Sutarto mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penempatan pengawas. “Pengawasan UN tahun ini mengalami perubahan. Perguruan tinggi tidak dilibatkan dan pengawasan polisi juga tidak sampai sekolah,” terangnya, Selasa (31/3).

Dia menambahkan, pengawasan dilakukan oleh guru dengan sistem silang murni antar sekolah dalam lingkup sub-rayon. Setiap ruang dengan maksimal 20 peserta UN, akan diawasi oleh dua pengawas.

Selain pengawasan, dinas juga akan melakukan validasi naskah sampul. Dinas akan mengkonfirmasi ke sub-rayon terkait jumlah ruang dan jumlah siswa peserta UN. Konfirmasi tersebut ditargetkan selesai Rabu (1/4).

Tahun ini jumlah peserta UN SMA SMK dan sederajat di Kota Semarang berdasarkan DNT mencapai 23.359 siswa. JUmlah itu berasal dari 181 dari SMA, MA, SMK. Sementara, peserta UN pendidikan kesetaraan (UNPK) mencapai 842 siswa. Jumlah tersebut berasal dari 33 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). (MS-06)