Home > METRO BERITA > Dishub Larang Truk Melintasi Jalur Mudik Mulai H-4 Lebaran

Dishub Larang Truk Melintasi Jalur Mudik Mulai H-4 Lebaran

METROSEMARANG.COM – Dinas Perhubungan Kota Semarang melarang angkutan barang berjenis truk beroperasi selama H-4 sampai H+3 Lebaran tahun ini. Hal ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan kemacetan lalu lintas.

Armada truk dilarang melintas di jalur mudik mulai H-4 hingga H+3 Lebaran. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

”Sesuai surat edaran truk dilarang lewat pada H-4 sampai H+3 Lebaran karena jalan akan digunakan arus mudik, dimana volume kendaraan akan meningkat tajam,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Mukhammad Khadik, Jumat (16/4).

Namun pengecualian untuk angkutan yang mengangkut bahan pokok, BBM, BBG, angkutan pos, barang ekspor-impor, dan angkutan yang membawa motor para pemudik.

”Angkutan yang mengangkut barang tambang sepanjang itu bukan komoditas ekspor-impor, sesuai dengan surat edaran tetap tidak boleh. Kecuali kalau memang komoditas ekspor-impor itu memang pengecualian,” terangnya.

Untuk angkutan yang membawa motor pemudik, katanya, karena memang ada pemudik yang secara kolektif tidak naik motor tapi motornya dinaikkan truk. Mereka mudik naik kereta api dan di kota tujuan baru membongkar kendaraannya. ”Baru kemudian naik motor, misalnya dari Semarang mau ke Boja, Kendal,” katanya. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link