Home > METRO BERITA > Dispendukcapil Permudah Pelayanan melalui Internet

Dispendukcapil Permudah Pelayanan melalui Internet

METROSEMARANG.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang melaunching pelayanan elektronik atau E-Service berbasis internet, Rabu (9/11). Hal ini diharapkan dapat mencegah pungutan liar (pungli) dan memaksimalkan pelayanan.
Dispendukcapil Semarang melaunching E-Service untuk memermudah pelayanan. Foto: metrosemarang.com/dok
Dispendukcapil Semarang melaunching E-Service untuk memermudah pelayanan. Foto: metrosemarang.com/dok
Tahap awal E-Service ini akan diberlakukan pada pelayanan pendaftaran akte kelahiran dan surat kematian. Dengan E-Service birokrasi pelayanan kependudukan yang sebelumnya masih manual menjadi dipangkas lebih singkat.

Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Mardiyanto mengatakan, dengan E-Serivce warga yang akan mengurus akte kelahiran dan surat kematian cukup membuka web Dispendukcapil dan mengisi form yang telah disediakan.

”Sehingga tidak perlu lagi meminta surat pengantar dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan. Sebab data penduduk di Dispendukcapil telah lengkap,” katanya, usai melaunching.

Dengan E-Servcie ini juga diharapkan akan dapat mencegah terjadinya pungli. Karena petugas dan masyarakat membutuhkan pelayanan tidak bersentuhan langsung.

Selain melaunching E-Service, pada kesempatan ini Dispendukcapil juga menjalin kerjasama dengan 10 SKPD terkait dan sejumlah rumah sakit, terkait pemanfaatan data kependudukan. Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga (Disospora) Kota Semarang mengapresiasi launching E-Service ini.

Kepala┬áDisospora Kota Semarang, Gurun Risyadmoko mengatakan, diuntungkan dengan keberadaan data penduduk yang bisa dikases lewat internet ini. ”Akan mempermudah pemprosesan berbagai persoalan. Seperti pencairan dana kematian, bantuan sosial, dan juga penanganan tunawisma,” katanya. (duh)