Home > METRO BERITA > Disperindag Perketat Pengawasan Makanan dan Minuman di Supermarket

Disperindag Perketat Pengawasan Makanan dan Minuman di Supermarket

Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG – Menjelang Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kota Semarang memperketat pengawasan peredaran produk makanan dan minuman. Disperindag bersama jajaran terkait, seperti Dinas Kesehatan, BBPOM, Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K), serta jajaran DPRD.

Pengawasan peredaran makanan dan minuman itu dilakukan di pasar tradisional dan pasar modern. Nurjanah, Kepala Disperindag Kota Semarang mengkhawatirkan adanya produk makanan yang beredar tidak sesuai ketentuan, seperti sudah kedaluwarsa atau habis masa berlakunya dan kondisi kemasan yang rusak.

“Selasa (9/12) kemarin, kami menemukan produk yang sudah kedaluwarsa, antara lain butter yang biasa untuk campuran roti dan kue, kemudian susu kemasan. Sidak kami lakukan di Pasar Gayamsari, Superindo, Giant, Indomaret, dan Alfamart ,” ujarnya, Rabu (10/12).

Menurutnya, produk yang kemasannya sudah penyok dan sobek tidak layak jual karena dimungkinkan kondisi isinya juga ikut rusak karena kemasannya rusak. “Atas seizin pengelola perbelanjaan, barang-barang yang beredar tapi tidak sesuai ketentuan itu langsung dimusnahkan di tempat karena itu sesuai tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) kami,” lanjut dia.

Nurjanah menyatakan, Disperindag akan melakukan pembinaan kepada para pengelola tempat-tempat perbelanjaan yang kedapatan masih menjual barang-barang atau produk yang tidak sesuai ketentuan. “Kalau nanti kami temukan lagi, kami akan berikan surat peringatan. Namun, jika masih membandel akan kami tinjau ulang izin usahanya,” tandasnya. (ade)