Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Distribusi Logistik Pilkada di Karimunjawa Terhalang Ombak Tinggi

Distribusi Logistik Pilkada di Karimunjawa Terhalang Ombak Tinggi

METROSEMARANG.COM – Proses pengiriman perlengkapan logistik untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara sempat tersendat akibat gelombang Laut Jawa yang meninggi.

Ilustrasi. Dermaga Karimunjawa
Foto: dok

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Joko Purnomo mengatakan temuan tersebut diperolehnya saat melaksanakan supervisi menjelang Pilkada serentak di beberapa daerah macam Jepara, Salatiga, Pati, Batang, Brebes, Cilacap dan Banjarnegara.

“Di Jepara, faktor alam sedikit menghambat distribusi logistik Pilkada, karena ombak besar yang terjadi belakangan ini menjadikan pendistribusian terlambat,” ungkap Joko, Senin (13/2).

Meski begitu, dua hari menjelang coblosan atau sekitar Sabtu kemarin, pihaknya sudah mengirimkan semua kebutuhan logistik ke Kecamatan Karimunjawa.

Selain di Jepara, petugas KPU juga mengintip dari dekat proses persiapan Pilkada Salatiga. Pihak penyelenggara bahkan optimistis target keikutsertaan warga yang mencapai 83 persen saat Pilkada Salatiga mampu terwujud.

Untuk saat ini, jumlah warga Salatiga yang tercatat dalam DPT KPU mencapai 129.930 orang. Ketua KPU Salatiga, Putnawati memperkirakan akan ada sekitar 107.000 warga ikut coblosan pada 15 Februari nanti.

“Target itu kami rasa sangat realistis, mengingat saat ini masyarakat cukup cerdas dan ingin aktif dalam memilih pemimpinnya untuk lima tahun ke depan,” urainya.

Warga yang belum terdaftar di DPT bisa mendatangi tempat pemungutan suara yang terdekat dari lokasinya dengan membawa KTP elektronik. (far)

Tinggalkan Balasan