Home > METRO BERITA > Ditanya Istrinya Ada Berapa oleh Anak SD, Ini Reaksi Ganjar

Ditanya Istrinya Ada Berapa oleh Anak SD, Ini Reaksi Ganjar

METROSEMARANG.COM – Ada kejadian langka saat kegiatan “Ganjar Mengajar” yang dihelat di SD Kuningan 01, Semarang, Sabtu (26/11). Ganjar Pranowo dibuat kaget saat salah seorang siswa SD menanyakan jumlah istrinya. Meski sempat bengong, Gubernur Jateng itu punya jawaban diplomatis atas pertanyaan tersebut. Seperti apa jawabannya?

Ganjar Mengajar di SD Kuningan 01, Sabtu (26/11). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Ganjar Mengajar di SD Kuningan 01, Sabtu (26/11). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Salah satu rangkaian kampanye hari anti kekerasan terhadap anak yang diinisiasi oleh Yayasan Setara Semarang adalah Ganjar Mengajar. Agenda yang juga merupakan program kerja Gubernur Jawa Tengah tersebut digelar di SDN Kuningan 01 yang terletak di Jalan Kerapu Raya No. 18 Semarang.

Sebanyak 500 siswa dari SD Kuningan 01-04, SD Bhienika, SD Miftahul Huda, SD Vincentius, dan SD Al-Iman, hadir dalam kegiatan itu.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar berdialog akrab dengan para siswa SD. Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan pentingnya pemahaman anak-anak akan masalah kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah.

Ia mengajak anak-anak berbincang dengan suasana santai bahkan penuh tawa. “Jadi kalau ada teman yang berkelahi harus dipisahkan ya,” ujar Ganjar sambil tertawa.

Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan Ganjar tak jarang dijawab dengan teriakan dari anak-anak. Namun, Ganjar menemukan fakta bahwa siswa SD ternyata mengetahui dan bahkan pernah mencoba ngelem.

Ia menegaskan daerah tersebut sangat perlu diperhatikan. “Ini daerah spesifik, kita tidak bisa pura-pura tidak tahu, karena anak-anak tahu narkoba, pernah ngelem dan sudah ada pelakunya,” bebernya.

Tak hanya masalah narkoba yang juga terkuak. Satu pertanyaan dari seorang siswa, membuat Ganjar terbelalak. Si bocah dengan polos bertanya, “Berapa istri Pak Gubernur?”.

Sontak saja, Ganjar terdiam dan menoleh ke arah guru yang berada di belakangnya. “Memangnya orang sini istrinya berapa sih?” tanyanya.

Menanggapi pertanyaan itu Ganjar menuturkan itu pertanyaan yang terlalu dewasa bagi seorang anak SD. Ia mengimbau agar guru, orangtua serta masyarakat agar lebih perhatian pada perkembangan anak.

Menurutnya, salah satu penyebab perkembangan anak yang dapat dikatakan melenceng yaitu gadget. Melalui gadget anak-anak bisa mengakses apapun termasuk berinteraksi dengan siapapun. “Bahkan tadi mereka juga tahu ngelem, sampai iuran, ini harus diperhatikan,” tegasnya. (vit)

Tinggalkan Balasan