Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Ditarget Kelar 2019, PLN Kebut Proyek Transmisi Listrik Jepara-Bekasi

Ditarget Kelar 2019, PLN Kebut Proyek Transmisi Listrik Jepara-Bekasi

METROSEMARANG.COM – PT PLN (Persero) saat ini tengah mengebut pengerjaan transmisi raksasa yang mampu menjangkau ketersediaan listrik dari ujung Kabupaten Jepara hingga Kota Bekasi di Jawa Barat (Jabar). Menurut Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN, Nasri Sebayang, jaringan transmisi listrik itu telah dirancang melewati 12 kabupaten dan puluhan kecamatan di Jateng maupun Jabar.

Peringatan Hari Listrik Nasional ke-71 di Semarang, Senin (17/10). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Peringatan Hari Listrik Nasional ke-71 di Semarang, Senin (17/10). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Itu sekarang lagi digarap,” kata Nasri kepada wartawan saat merayakan Hari Listrik Nasional ke-71, Senin (17/10).

Ia menyatakan setiap pengerjaan proyek transmisi Jepara-Bekasi kini terus-menerus disosialisasikan kepada masyarakat setempat. Ia pun memastikan pemerintah daerah (Pemda) mendukung penuh mega proyek ini.

“Kegiatan sosialisasi didukung Pemda dan investasi terus berjalan,” tambah Nasri dan ia menargetkan pembangunan transmisi listrik berdaya besar itu bakal kelar 2019 nanti.

Selain mengebut proyek transmisi Jepara-Bekasi, ia juga mengungkapkan mulai tahun ini sedang mengerjakan proyek PLTU Tanjubg Jati B berkekuatan 200 ribu Mega Watt (MW) serta PLTU Cilacap berkuatan 1.000 MW ditambah PLTU Batang.

“Di Batang dirampungkan sampai akhir 2019 nanti. Sekarang semuanya sedang dikerjakan,” ujar Nasri.

PLTU Batang yang jadi proyek prestisius PLN itu kini sedang memasuki tahap pemasangan tiang pancang. “Sudah berjalan 6-7 persen,” sambungnya.

Ia optimistis semuanya akan kelar tepat waktu bila bahan baku besinya telah tiba di lokasi proyek pada 2018 nanti. “Kalau besinya sudah datang pasti pengerjaannya naik terus,” jelasnya.

Investasi lainnya yang tengah digadang-gadang ialah proyek jaringan berkuatan 150 KV di semua wilayah Jateng. Ini penting bagi perusahaan pelat merah itu demi meningkatkan performa ketenagalisttikan khususnya pada trafo dan kabel yang kerap bermasalah. (far)