Home > METRO BERITA > Diterjang Banjir Besar, Pantura Kaligawe Nyaris Lumpuh

Diterjang Banjir Besar, Pantura Kaligawe Nyaris Lumpuh

METROSEMARANG.COM – Banjir besar pada hari ini, Selasa (27/12), melanda sepanjang jalur pantai utara Jawa Tengah (Pantura) di Kaligawe Semarang. Akibatnya, arus lalu lintas di wilayah tersebut nyaris lumpuh.

Ilustrasi. Banjir yang melanda kawasan Kaligawe, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok

Kompol Hendrawan Hasan, Kapolsek Genuk Semarang, menyatakan ketinggian banjir di dua ruas Jalan Raya Kaligawe sejak tadi sore membuat pengendara motor maupun mobil kesulitan berjalan.

“Arus lalu lintas berjalan melambat dan mengalami kemacetan karena muncul banjir setinggi 15-20 centimeter di sana,” kata Hendrawan saat dikontak metrosemarang.com.

Ia bilang kemacetan parah terjadi di dua lajur jalan raya tersebut hampir empat jam. Hampir setengah kilometer, banyak kendaraan terjebak banjir sehingga pengendara terpaksa berjalan merambat.

“Sebelum Maghrib sampai sekarang saya dapat informasi kalau masih ada kemacetan di Kaligawe,” jelasnya.

Dugaan sementara, banjir dipicu hujan lebat yang mengguyur Semarang pada Senin malam kemarin. Hal ini membuat anak Sungai Semarang tak mampu lagi menampung air hujan sehingga meluber ke jalan raya.

Meski begitu, Hendrawan juga memperkirakan bahwa banjir besar di Kaligawe hari ini juga disebabkan tanggul sungai di jalur menuju Pasar Johar, jebol.

Petugasnya kini terus berjibaku mengurai kemacetan parah di Kaligawe. Ia menyebut bila seluruh mesin pompa dihidupkan tetapi air yang dibuang ke sungai kembali lagi ke jalan raya.

“Tanggulnya jebol sehingga membuat sungainya enggak bisa menampung air yang disedot pakai pompa,” terangnya.

Metrosemarang.com melaporkan beberapa pengemudi mobil pun kena macet. Mereka tak bisa bergerak karena banjir melumpuhkan Jalan Raya Kaligawe. (far)