Home > Berita Pilihan > Diterjang Banjir Rob, Terminal Terboyo Lumpuh

Diterjang Banjir Rob, Terminal Terboyo Lumpuh

METROSEMARANG.COM – Banjir rob yang menggenang hampir seluruh bagian Terminal Terboyo Semarang menyebabkan aktivitas transportasi terganggu. Sopir bus enggan memasukkan armadanya ke dalam terminal dan memilih parkir di sepanjang jalan masuk.

Terminal Terboyo lumpuh akibat banjir rob yang menerjang kawasan ini, Jumat (2/6) sore. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Menurut Lusdiantoro, salah seorang pegawai di Terminal Terboyo, rob sudah terjadi sejak Senin (29/5). “Tapi hari ini, sejak tadi pukul 14.00 memang lebih parah dibanding dua hari sebelumnya,” ujarnya, Jumat (2/6).

Dia mengaku sudah ada info dari BMKG terkait ancaman rob mulai tanggal 27 Mei 2017. Dia juga mengatakan, rob kali ini terhitung parah karena disertai dengan gelombang. Menurutnya, kalau tidak ada gelombang ketinggian rob di bawah satu meter. Akibatnya saat ini tidak ada bus yang masuk ke terminal, baik yang dalam kota, antar kota, maupun antar provinsi.

Lusdiantoro menyampaikan untuk bus antar kota memilih langsung meninggalkan Terminal Terboyo. “Jadwal pemberangkatan bus pun jadi semrawut, bahkan yang antar kota seperti Semarang-Solo kalau sampai sini langsung puter balik,” ucapnya.

Armada bus memilih parkir di luar Terminal Terboyo. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Sementara untuk bus antar provinsi, kebanyakan memarkirkan armadanya di sepanjang jalan menuju terminal karena awak angkutannya harus beristirahat.

Selain mengganggu pergerakan bus di terminal, rob juga menyebabkan pekerja di tiga pabrik harus berjalan kaki sekitar 500 meter. “Mereka parkir di pinggiran terminal dan selanjutnya berjalan, karyawan merasa sayang jika kendaraannya terendam rob karena arah ke pabrik juga parah,” tambah Lusdiantoro.

Sementara itu, seorang pekerja pabrik, Feri Chandra berharap agar persoalan rob segera ditangani. Menurutnya kerugian akibat rob tidak hanya soal kendaraan dan waktu, karena jika menerjang bisa mengakibatkan gatal-gatal. “Kalau mau berangkat kerja rasanya sudah malas, membayangkan rob mengadang,” ucapnya. (fen)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link