Home > METRO BERITA > Ditlantas Polda Jateng Gelar Road Show Police Goes to School MOS

Ditlantas Polda Jateng Gelar Road Show Police Goes to School MOS

METROSEMARANG.COM – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah gelar Road Show Police Goes to School MOS (Masa Orientasi Siswa) sebagai upaya meningkatkan kesadaran pelajar terhadap pentingnya keselamatan berkendara. Dalam road show ini, pihak kepolisian memberikan berbagai materi kepada para pelajar dalam meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran berlalu lintas.

Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng memberikan materi keselematan berkendara kepada siswa baru SMA 3 Semarang, Senin (17/7). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Ini kan peralihan dari SMP ke SMA, dimana rasa ingin naik motornya itu tinggi, jadi setidaknya dari sejak MOS ini menginginkan mereka adanya pendalaman tentang bagaimana teknik mengendarai dan etika dalam mengemudi,” ujar Kasubid Dikyasa Ditlantas Polda Jateng, AKBP Indra Kurnia Mangunsong usai mengisi materi di SMA 3 Semarang, Senin (17/7).

Tak hanya itu, lanjut Indra, kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan tingkat kecelakaan yang terjadi pada pelajar. Selain karena minimnya pengetahuan tentang keamanan dan etika berkendara, banyak dari pelajar yang masih asal-asalan saat mengendarai sepeda motor dan belum memperhatikan keselamatannya.

Dalam kegiatan ini, para pelajar yang baru memasuki jenjang SMA dikenalkan berbagai persiapan dan tata cara berkendara. Mulai dari persiapan sebelum berkendara seperti kesiapan surat-surat hingga menguji kelayakan kendaraan.

“Anak SMA ini kan merupakan generasi penerus bangsa dan masih usia produktif, sangat sayang dan ironisnya apabila terjadi kecelakaan, menjadi korban. Kemudian cacat, cacat seumur hidup, yang dirugikan selama seumur hidupnya, dia tidak bisa beraktifitas, semuanya rugi, terjadi pemiskinan terhadap dirinya sendiri,” imbuh Indra.

Selain materi, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai kuis tentang berlalu lintas. Ada berbagai hadiah yang dibagikan dalam kuis ini seperti helm, kaos dan topi yang merupakan persembahan dari Yamaha.

Rencananya, road show akan digelar selama tiga hari ke depan. Dalam sehari, pihak Polda Jateng memberikan materi di dua lokasi sekolah. “Namun ini juga dilakukan oleh semua jajaran Polres di Jawa Tengah, jadi bukan hanya dari Polda dan bukan hanya di Semarang saja yang melaksanakan road show ini,” pungkas Indra. (fen)

Tinggalkan Balasan