Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Dituduh PKI, 94 Ribu Kader PDIP Jateng Janji Setia kepada NKRI

Dituduh PKI, 94 Ribu Kader PDIP Jateng Janji Setia kepada NKRI

METROSEMARANG.COM – Ribuan kader PDIP Jawa Tengah menyatakan setia terhadap konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini untuk merespons tuduhan sebagai partai komunis Indonesia (PKI) yang dihembuskan pihak-pihak tertentu menjelang proses pencoblosan Pilkada tahap kedua pada bulan ini.

Ilustrasi

Untuk menyikapi dinamika politik yang berkembang saat ini, ada sedikitnya 94 ribu kader banteng moncong putih yang menggelar ikrar janji setia NKRI secara serentak di 35 kabupaten/kota.

Bendahara PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng mengatakan sejumlah kadernya marah terhadap tuduhan sebagai basis partai komunis. Padahal, menurutnya partainya sejak lama berideologi nasionalis dengan basis Pancasila.

“Ada orang yang mengatakan PDIP dipenuhi PKI. Itu yang membuat kita marah. Kami partai nasionalis yang basisnya Pancasila bukan komunis. Kalau ada yang bilang gerakan PDIP sama dengan gerakan PKI itu orang yang syirik saja,” kata Agustin, Minggu (5/2).

Semua kader hari ini serentak dikerahkan untuk menghadiri sumpah setia terhadap NKRI. Mereka berasal dari pimpinan cabang tiap daerah, anak cabang, dan ranting partai hingga para petinggi setingkat DPC.

“Kelihatannya kita sudah sepatutnya meneguhkan diri sebagai partai yang menjaga Panjacila dan Jokowi-JK merupakan pemimpin terpilih secara konstitusi,” terang Agustin lagi.

Tak hanya itu saja, katanya. Para kader PDIP juga siap dikerahkan ke Jakarta untuk menjaga NKRI yang terancam tergerus oleh sentimen rasial yang marak terjadi belakangan ini. Pemberangkatan kader PDIP kini tinggal menunggu komando dariĀ  Mereka saat ini tinggal menunggu perintah dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. (far)