Home > METRO BERITA > Dokter Terlibat Monopoli Bisnis Obat bakal Dikenai Sanksi Ini

Dokter Terlibat Monopoli Bisnis Obat bakal Dikenai Sanksi Ini

METROSEMARANG.COM – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Semarang siap menindak tegas jika anggotanya terbukti melakukan praktik monopoli bisnis obat untuk memperoleh keuntungan. IDI tak segan untuk membawa dokter nakal tersebut ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) untuk menjalani sanksi.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Jika nanti diketahui ada dokter nakal, kita bawa ke MKDKI untuk diberi sanksi tegas,” kata Ketua IDI Semarang, Elang Sumambar dihubungi metrosemarang.com, Jumat (19/8).

Dijelaskan Elang, sanksi-sanksi tersbut nantinya bisa berupa peringatan tertulis, pencabutan izin praktik atau bahkan diperintahkan untuk kembali sekolah atau mengikuti pendidikan kedokteran.

Hingga saat ini, Elang mengaku akan berkoordinasi dengan anggotanya untuk melakukan pemeriksaan terkait permainan dokter nakal tersebut. “Jika ketemu langsung ditindak tegas, ” ujarnya.

Seperti diketahui, baru-baru ini, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Indonesia menyebut adanya peran dokter yang melakukan monopoli untuk memperoleh keuntungan dari penjualan obat merek tertentu. Praktik tersebut dinilai KPPU menjadi pemicu melonjaknya harga obat di Indonesia. (yas)