Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Dongkrak Okupansi, KA Ambarawa Express Siap Layani Rute Semarang-Surabaya

Dongkrak Okupansi, KA Ambarawa Express Siap Layani Rute Semarang-Surabaya

METROSEMARANG.COM – Untuk menyemarakan hari jadi KAI ke-71, Kereta Api (KA) Ambarawa Express akan dioperasikan untuk melayani penumpang rute Stasiun Semarang Poncol-Stasiun Turi Surabaya PP, mulai 4 Oktober 2016 nanti.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo saat ditemui wartawan, Kamis (29/9), meyakinkan kepada masyarakat agar mencoba pelayanan istimewa yang ada di dalam gerbong kereta tersebut.

Ambarawa Express, menurutnya dilengkapi delapan gerbong dengan jumlah kapasitas tempat duduk secara keseluruhan ada 640 unit. “Satu gerbongnya dilengkapi 80 tempat duduk. Di dua sisi tiap gerbongnya terdapat dua kursi,” kata Edy.

Ini merupakan persembahan spesial yang diberikan perseroan untuk memperingati HUT ke-71, sekaligus mengenang sepak terjang perjuangan rakyat Ambarawa pada masa kemerdekaan Indonesia di tahun 1945.

“Karena itulah kami namai keretanya Ambarawa Express,” katanya lagi.

Peluncuran Kereta Ambarawa Express kali ini hanya berselang sehari dari launching Kereta Ciremai yakni tanggal 3 Oktober. Ambarawa Express nantinya melayani rute Semarang Poncol-Stasiun Turi Surabaya tiap hari.

Untuk harga tiketnya, perseroan menjual Rp 60 ribu saat low season dan Rp 130 ribu saat peak season. Keberadaan kereta tersebut untuk melengkapi pengoperasian KA Maharani yang sudah punya okupansi di atas 50 persen.

“Jadwal keberangkatan Ambarawa Express akan bergantian dengan Maharani yang lebih dulu berangkat pukul 11.30 WIB,” sambungnya.

Ia menuturkan kereta Ambarawa Express juga akan dimanfaatkan untuk menampung calon penumpang Pantura timur Jateng yang tidak tertampung pada perjalanan Maharani. “Harapan kita okupansinya ke depan sampai full 100 persen,” tutupnya. (far)