Home > METRO BERITA > Dorong UMKM, Pemkot Kucurkan Pinjaman dengan Bunga Terendah

Dorong UMKM, Pemkot Kucurkan Pinjaman dengan Bunga Terendah

METROSEMARANG.COM – Dalam APBD 2017 Pemkot Semarang ada program untuk mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota ini. Salah satunya dengan pemberian bantuan modal dengan bunga per tahun hanya 3 persen.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Program ini supaya UMKM dapat berkembang lebih cepat dan lebih baik lagi. ‘’Pemberian bantuan modal dengan bunga per tahun 3 persen kemungkinan paling murah se-Indonesia,’’ kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Rabu (11/1).

Namun, Hendrar menegaskan jika pemberian bunga 3 persen itu bukan perlombaan untuk murah-murahan bunga. Tapi harapannya dana yang dibagikan kepada UMKM bisa menjadi sebuah daya ungkit untuk bisa melakukan aktifitas bisnis dengan baik.

Dari beberapa persoalan yang diinventarisasi, ada dua yang paling mencolok yaitu permodalan dan pemasaran. Dua ini yang menjadi fokus dan konsentrasi pemkot di 2017. Untuk permodalan dengan program pinjaman bunga 3 persen tersebut.

Sementara untuk pemasaran, pihaknya terus bertemu stakeholder seperti Kadin dan asosiasi perusahaan lainnya. Supaya mau bermitra dengan UMKM. Termasuk juga Alfamart dan Indomaret agar bersedia menjual produk UMKM di gerainya.

Hendi-panggilan akrab wali kota, menyatakan pemkot menganggarkan Rp 5 miliar per tahun untuk bantuan permodalan kepada UMKM ini. Tapi kalau program ini berhasil tahun depan akan ditambah lagi jumlahnya.

‘’Secara akumulasi sudah Rp 17 miliar dianggarkan. Yang Rp 12 miliar sudah digulirkan dengan bunga 6 persen. Nah, ini kita tambahi Rp 5 miliar lagi dengan bunga 3 persen,’’ tegasnya. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link