Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Dosen Udinus Raih Gelar Doktor di UGM

Dosen Udinus Raih Gelar Doktor di UGM

METROSEMARANG.COM – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menambah doktor baru di bidang Teknologi Informasi (TI) atas nama Guruh Fajar Shidik. Guruh lulus dan mendapat predikat cumlaude usai menyelesaikan studinya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam waktu studi 3 tahun 8 hari.

Guruh (kanan) bersama Rektor UGM, Prof Dwikorita Karnawati. Foto: metrosemarang.com/dok humas
Guruh (kanan) bersama Rektor UGM, Prof Dwikorita Karnawati. Foto: metrosemarang.com/dok humas

Rektor Udinus, Edi Noersasongko sangat bangga dengan pencapaian yang ditorehkan salah satu dosennya.  Guruh menjadi doktor ke-35 yang dimiliki Udinus. “Hadirnya doktor-doktor baru ini diharapkan akan semakin menguatkan kami dalam mencetak generasi yang berkualitas,” kata Edi, Kamis (27/10).

Guruh meneliti tentang metode seleksi mesin virtual di dalam Dynamic Virtual Machine (VM) Consolidation untuk efisiensi energi pada cloud data center. Menurut Guruh makin banyak penggunaan Cloud Data Center di era teknologi saat ini. Dia mencontohkan Google dan Amazon mulai berlomba-lomba untuk menekan konsumsi energi yang digunakan oleh server-server dalam menjalankan servis aplikasi cloud mereka.

Dengan cloud storage (penyimpanan menggunakan teknologi cloud) ini, selain data yang disimpan terjaga keamanannya, pengguna juga tidak perlu khawatir jika perangkat keras seperti hardisk internal di dalam komputer maupun eksternal yang dapat dibawa kemana-mana tersebut error atau rusak.

“Penggunaan cloud storage ini mempengaruhi kapasitas cloud data server, dan penyimpanan secara besar-besaran ini selain menyebabkan pemborosan konsumsi energi listrik, juga berdampak pada peningkatan panas yang berefek pada peningkatan gas CO2,” papar Guruh. (vit)