Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Dua Gol Alcorse Lapangkan Jalan PSIS ke Semifinal

Dua Gol Alcorse Lapangkan Jalan PSIS ke Semifinal

image

SEMARANG – Dua gol Julio Alcorse di babak pertama memberi keunggulan PSIS atas tamunya PSGC Ciamis. Kemenangan 2-0 ini makin membuka peluang PSIS lolos ke semifinal.

Menjamu PSGC di Stadion Jatidiri, Sabtu (18/10) malam, pelatih PSIS tak banyak melakukan perubahan komposisi pemain seperti saat melibas Ciamis 4-2, akhir pekan kemarin. Hanya Sunar Sulaiman dan Ronald Fagundez yang menghilang dari starting line up dan diganti Anam Sahrul dan Nufiandani.

Sundulan Fauzan Fajri di menit 3 nyaris membuka skor. Sayang bola masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Ciamis. Hingga 15 menit pertama, permainan mutlak dikuasai tuan rumah. Memasuki menit 17, Mahesa Jenar kembali memeroleh peluang. Kali ini melalui sepakan M Yunus dan lagi-lagi belum mampu menjebol gawang Irpan.

Dua menit kemudian, wasit memberi hadiah penalti buat PSIS, setelah Nufiandani dilanggar Ganjar Kurniawan di kotak terlarang. Eksekusi ala Panenka yang dilakukan Julio Alcorse mengecoh kiper Irpan.

PSGC berusaha membalas dengan mengandalkan kecepatan Arip Budiman dan Rosian Saputra di kedua sisi sayap. Anak asuh Budiman Yunus mendapat peluang pertama di menit 23. Sepakan bebas yang dilepaskan Abdul Basid masih bisa ditepis Catur.

Penampilan gemilang Catur di bawah mistar mampu menutup lemahnya koordinasi barisan belakang PSIS. Kiper 29 tahun itu tercatat tiga kali menggagalkan peluang Laskar Galuh di babak pertama.

Lima menit sebelum jeda, gawang Ciamis kembali jebol untuk kali kedua. Lagi-lagi Alcorse yang menjadi aktornya. Penyerang Argentina itu memenangi duel udara dengan pemain belakang PSGC dan mengirim umpan Safrudin Tahar ke pojok kiri gawang lawan.

Di injury time babak pertama, Franky nyaris memperlebar keunggulang. Lepas dari jebakan offside, pemain bernomor 17 ini mengirim bola ke sisi kanan. Sayang, bola sodokannya masih melebar.

PSIS belum mengendurkan serangan di babak kedua. Gempuran Fauzan Fajri dkk berbuah penalti kedua untuk tuan rumah. Kali ini Franky yang dijatuhkan di area terlarang. Sayang, usaha Alcorse untuk mengukir hattrick gagal berbuah gol. Eksekusinya melambung di atas mistar gawang Ciamis.

Anak asuh Eko Riyadi makin bersemangat menambah gol. Namun, usaha Alcorse, Nufiandani maupun Franky tertahan garis tinggi pertahanan PSGC. Berkali-kali pemain-pemain PSIS terperangkap jebakan offside yang diperagakan Abdul Basid cs.

Anak-anak Semarang gagal menambah keunggulan, meski tim tamu harus bermain dengan 10 orang sejak menit 78. Dicky Adhitia harus meninggalkan lapangan lebih cepat setelah mengantongi kartu kuning kedua.

Skor 2-0 menutup pertandingan di Jatidiri. Hasil ini membuka kans PSIS melaju ke semifinal. Hingga matchday 4 Grup N, Mahesa Jenar sudah mengumpulkan 8 angka. (*)

Susunan Pemain
PSIS 4-2-3-1: Catur Adi; Welly Siagian, Anam Sahrul, Fauzan Fajri, Safrudin Tahar; Edyanto, Vidi Hasiholan; Nufiandani, M Yunus, Franky Mahendra; Julio Alcorse PSGC 4-4-2: Irpan; Vincent Yohanes, Abdul Basid, Dedean Surdani, Dicky Adhitia; Budiawan, Wahyudin, Rosian Saputra, Arip Budiman; Ganjar Kurniawan, Yana Mulyana