Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Dua Pengedar Tembakau Gorila di Semarang Diciduk Polisi

Dua Pengedar Tembakau Gorila di Semarang Diciduk Polisi

METROSEMARANG.COM – Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng meringkus dua tersangka pengedar tembakau gorila yang biasa beroperasi di Kota Semarang. Mereka ditangkap di dua tempat berbeda pada akhir pekan kemarin.

Dirresnarkoba Polda Jateng Kombes Krisno Haloman Siregar saat memberikan keterangan terkait pengungkapan kasus peredaran tembakau gorila. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Salah satu tersangka pengedar tembakau gorila yang berhasil ditangkap yakni Zainudin. Ia ditangkap petugas pada Sabtu (4/2) sekitar pukul 16.30 di depan Indomaret Jalan Raya Dewi Sartika, Gunungpati Semarang.

Zainudin berhasil dibekuk dari pengusutan tersangka Dimas Tri Wibisono yang berhasil diamankan oleh petugas pada Sabtu (4/2) pukul 00.10 dinihari di Kafe Gossip Kitchen and Bar Semarang.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng, Kombes Pol Krisno Haloman Siregar mengatakan, Zainudin mendapatkan barang dari hasil transaksi melalui media sosial.

“Dengan modus menghubungi nomor melalui Line lalu berkomunikasi dan setelah setuju ia mengirimkan uang serta lokasi yang dimaksud,” ujar Krisno saat gelar perkara, Rabu (8/2).

Krisno menambahkan, Zainudin mengedarkan tembakau gorila ini baru sekitar dua minggu. “Kita bilang dua minggu, karena kita buktikan dari resi yang ada dikiriman barang dari suatu tempat tersebut,” ujarnya.

Dari tangan Zainudin Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu buah kaleng kecil berisi tembakau sintetis, sepuluh putung sisa tembakau sintetis, tiga buah plastik sachet bekas bungkus tembakau sintetik, tiga bundel cigaret paper, satu buah handphone serta satu tube urine.

Kedua tersangka dijerat pasal 114 serta pasal pasal 112 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. Sementara itu sumber dimana Zainudin mendapatkan barang haram tersebut masih dalam penyelidikan. (fen/MG03)

Tinggalkan Balasan