Dua Rumah Rusak Berat Tertimpa Longsoran Tebing di Kaliwungu

METROSEMARANG.COM – Tebing setinggi empat meter longsor dan menimpa dua rumah yang ada di bawahnya, di Dusun Mijen Desa Nolokerto Kaliwungu Kendal, Minggu (11/2) malam. Pemilik rumah khawatir terjadi longsor susulan karena curah hujan yang masih tinggi.

Dua rumah di Dusun Mijen Kaliwungu rusak tertimpa longsor. Foto: metrojateng.com

Rumah yang rusak parah tertimpa material longsor milik Riyanto di Dukuh Mijen RT 2 RW 1 Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kendal, sedangkan satu lagi milik Agus yang bersebeahan. Materal longsor dari tebing setinggi empat meter menimpa bagian belakang rumah Riyanto hingga jebol.

Longsoran tebing ini terjadi Minggu (11/2) malam saat hujan deras mengguyur wilayah Kaliwungu. Beruntung pemilik rumah yang sedang berada di belakang rumah berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum longsor terjadi.

Menurut Riyanto, meterial longsor membawa pohon bambu yang ada di atasnya hingga menimpa bangunan miliknya. Akibatnya tembok jebol dan lumpur memenuhi seisi rumahnya. Saat kejadian banyak orang yang sedang di belakang dan bergegas lari setelah mendengar bunyi gemuruh dari bagian belakang.

“Pas itu hujan deras saya sedang dibelakang lagi masak, tiba-tiba dengan suara gemuruh dan bruk tembok jebol tertimpa longsor. Saya loncat dan orang-orang lari ke depan,” jelasnya.

Hingga Senin material longsor belum dibersihkan, puing-puing bekas tertimpa longsor berserakan. Menurut pemilik rumah belum ada perhatian dari badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kendal. Pihak desa sudah melaporkan kejadian ini Pemkab Kendal namun belum ada bantuan untuk pemilik rumah.

Camat Kaliwungu Dwi Cahyo mengatakan, pihaknya sudah melaporkan peristiwa longsor ini ke pemkab Kendal. “Saya sudah laporan secepatnya nanti akan ditangani,” katanya. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.