Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Dukung Pariwisata Kota Lama, Gedung Bank Mandiri Direstorasi

Dukung Pariwisata Kota Lama, Gedung Bank Mandiri Direstorasi

METROSEMARANG.COM – Untuk mendukung pariwisata Kota Lama melalui pengelolaan gedung bersejarah, Bank Mandiri melakukan restorasi pada Kantor Cabang Semarang Jalan Mpu Tantular. Hal ini dilakukan lantaran gedung tersebut merupakan bagian dari Kota Lama dan agar dapat menjadi bagian cagar budaya dan warisan sejarah arsitektur.

Bank Mandiri Kantor Cabang Semarang Jalan Mpu Tantular, Kota Lama Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Bank Mandiri Kantor Cabang Semarang Jalan Mpu Tantular, Kota Lama Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, proses pemugaran bangunan dimulai sejak akhir 2015 dan diresmikan pada Selasa (15/11). Konsep dasar pemugaran bangunan tersebut adalah revitalisasi mengembalikan ke bentuk asli bangunan dengan menyesuaikan fungsi ruangan yang digunakan untuk operasional kantor cabang.

“Bank Mandiri berkoordinasi dengan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Badan Pengelola Kawasan Kota Lama Semarang, Unit Konservasi dan Heritage PT Kereta Api Indonesia (KAI), serta pemerhati cagar budaya di Kota Semarang untuk memastikan kesesuaian restorasi dengan batasan yang diperkenankan untuk bangunan cagar budaya,” katanya, Kamis (17/11).

Proses restorasi dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan dengan jam operasional cabang. Dengen demikian Bank Mandiri tetap bisa melayani nasabah dan meminimalisasi ketidaknyamanan akibat pekerjaan revitasilasi. (ade)