Home > METRO BERITA > Dukung Program Kampung Bahari, PDAM Maksimalkan Layanan di Tambaklorok

Dukung Program Kampung Bahari, PDAM Maksimalkan Layanan di Tambaklorok

METROSEMARANG.COM – PDAM Tirta Moedal Kota Semarang mendukung Program Kampung Bahari yang digalakkan pemerintahan Presiden Jokowi tahun ini. Dukungan tersebut diwujudkan dengan direalisasikannya infrastruktur jaringan perpipaan di kawasan Kampung Nelayan Tambaklorok Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara. Jaringan itu, mampu melayani hingga 2.000 Kepala Keluarga (KK).

PDAM Tirta Moedal Kota Semarang menggelar Bazaar Sembako Murah dan Program One Day Service Sambung Baru bagi Masyarakat Tambak Lorok, Rabu (24/8). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
PDAM Tirta Moedal Kota Semarang menggelar Bazaar Sembako Murah dan Program One Day Service Sambung Baru bagi Masyarakat Tambak Lorok, Rabu (24/8). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Etty Laksmiwati mengungkapkan selama ini masyarakat di kampung nelayan terbesar di Kota Semarang tersebut menggunakan sumber air airtetis untuk kebutuhan air bersihnya.

“Artetis bukanlah menjadi saingan kami. Masyarakat berhak memilih sumber air bersih untuk kebutuhan harian. Bagi warga Tambaklorok yang ingin mendapatkan fasilitas air bersih dari PDAM, kini kami telah menyediakan jaringannya,” terang Etty yang ditemui di sela-sela acara Bazaar Sembako Murah dan Program One Day Service Sambung Baru bagi masyarakat Tambaklorok, Rabu (24/8).

Sumber air bersih bagi pelanggan di Kampung Tambaklorok nantinya akan diambilkan dari IPA Kudu. Calon pelanggan diharapkan tidak perlu khawatir dengan kualitas, kuantitas dan kontinuitas aliran di daerah tersebut. Ini karena, kapasitas produksi di IPA terbesar di Jateng itu masih bisa ditingkatkan hingga 300 liter per detik.

“Saat ini, kapasitas produksi baru sebesar 950 liter per detik dari total 1.250 liter per detik. Optimalisasi itu pasti akan dilakukan demi peningkatan pelayanan,” tambah Etty.

Kemudahan lain yang diberikan kepada warga Tambaklorok, yaitu adanya program Sambung Baru khusus. Program tersebut menawarkan biaya sambung baru sebesar Rp 825.000 sudah termasuk termasuk PPn 10 persem yang bisa diangsur hingga lima kali.

Umumnya, harga sambung baru regular di PDAM Kota Semarang mencapai Rp 1,6 juta hingga Rp 2,2 juta. Adapun persyaratannya yaitu dengan membayar uang muka sebesar Rp 250.000, fotocopy KTP, fotocopy KK, fotocopy PBB dan struk pembayaran listrik. (ade)