Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Eko Riyadi Sudah Kantongi Komposisi Tim Inti PSIS

Eko Riyadi Sudah Kantongi Komposisi Tim Inti PSIS

METROSEMARANG.COM – Eko Riyadi sudah mengantongi komposisi tim inti PSIS yang disiapkan berlaga di babak 16 besar Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Sang juru taktik kini tinggal mengasah chemistry antara pemain lama dengan lima rekrutan anyar.

Jordan Foranda (14) menyumbang satu gol saat PSIS melumat Undip 5-0. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Jordan Foranda (14) menyumbang satu gol saat PSIS melumat Undip 5-0. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

PSIS memetik kemenangan besar saat meladeni PS Undip di Stadion Jatidiri, Jumat (16/9) sore. Dalam ujicoba tersebut, Eko memberi kesempatan tiga pemain baru, Dedi CP, Bayu Andra dan Iwan ‘Samson’ Wahyudi tampil sejak awal pertandingan.

Di babak pertama, Eko Riyadi menampilkan Safrudin Tahar, Tegar Pribadi, Fauzan Fajri dan Andre ‘Ambon’ sebagai kuartet bek di depan kiper Syaiful Amar. Dua gelandang tengah diisi Samson dan Edy Anto, dengan Bayu Andra mengisi satu slot di pos gelandang serang bersama Hari Nur dan Dedi CP. Sedangkan Johan Yoga diplot sebagai striker tunggal.

Mahesa Jenar menutup paruh pertama dengan keunggulan tiga gol. Johan Yoga membuka keran gol PSIS melalui eksekusi penalti di menit 16. Selanjutnya, berturut-turut duet eks Persis Solo, Dedi CP dan Bayu Andra menandai debut bersama tim Ibukota Jateng dengan gol ke gawang Undip.

Di paruh kedua, Eko melakukan beberapa perubahan dengan menyuntikkan pemain-pemain muda plus bek anyar Herry Susilo. Mahesa Jenar menambah dua gol melalui Feri Ariawan dan Jordan Foranda untuk melengkapi kemenangan 5-0 atas tim anggota Pengcab PSSI Kota Semarang tersebut.

“Skor besar bukan ukuran kekuatan tim yang sebenarnya. Tapi, dari pertandingan ini setidaknya saya sudah dapat gambaran siapa saja yang nantinya akan mengisi tim inti,” kata Eko usai pertandingan.

Dari lima pemain yang didatangkan awal pekan ini, hanya Arif Yanggi yang belum mendapat kesempatan melakoni debut bersama tim barunya. Eks winger Persip Pekalongan itu belum sepenuhnya fit usai dibekap cedera di fase penyisihan grup.

“Arif Yanggi mengaku masih merasa nyeri di kakinya, sehingga tidak saya paksakan main. Secara keseluruhan penampilan pemain cukup memuaskan, termasuk mereka yang baru bergabung,” beber pelatih 48 tahun itu.

Eko pun sudah merancang dua kali ujicoba lagi untuk membangun chemistry skuat PSIS, sembari menunggu pemain-pemain yang belum bergabung. Gelandang M Yunus masih dalam masa pemulihan cedera punggung. Sedangkan Ahmad Agung dan kiper Fajar Setya Jaya masih berjibaku bersama Jateng di ajang PON XIX Jabar.

“Yunus sudah mulai pulih, tapi masih harus menjalani latihan terpisah. Sampai tanggal 30 September nanti, saya agendakan ada dua kali ujicoba lagi, sambil mencari dua pemain baru di posisi bek kiri dan stopper,” ujarnya. (twy)