Home > METRO BERITA > Eks Tapol PKI Meninggal Dunia, Rumahnya di Semarang Dipadati Pelayat

Eks Tapol PKI Meninggal Dunia, Rumahnya di Semarang Dipadati Pelayat

METROSEMARANG.COM – Sosro Prayitno, pria yang disebut-sebut sebagai bekas tahanan politik sekaligus tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada masa pemerintahan Orde Lama, meninggal dunia di Semarang, pada Senin (16/1) pukul 20.27 WIB. Mbah Sosro, begitu ia akrab disapa meninggal dengan tenang di usia 91 tahun.

Suasana rumah duka Mbah Sosro. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Rumahnya yang berlokasi di Jalan Zebra Tengah Nomor 12 A Pedurungan Kidul, langsung dipadati ratusan pelayat yang hilir mudik sejak pagi. Ketokohan Mbah Sosro semasa hidupnya ini memang masih membekas di hati para karib serta tetangganya.

Beberapa sahabat Mbah Sosro siang ini berdatangan ke rumah duka. Setelah masuk ke dalam rumah untuk melihat jenazah almarhum, mereka umumnya duduk melingkar diatas kursi yang dipasang di teras rumah. Teman-teman seperjuangan Mbah Sosro kebanyakan telah berusia sepuh.

“Saya kebetulan melayat bersama teman dari luar kota,” kata sahabat Mbah Sosro yang menolak dikutip namanya kepada metrosemarang.com.

Bila sesuai rencana, jenazah Mbah Sosro akan dimakamkan di TPU Bergota, pukul 13.00 WIB siang ini. Awan mendung menggelanyut diatas langit Semarang saat jenazahnya didoakan oleh para pelayat.

“Dia meninggal karena faktor usia, apalagi usianya sudah 91 tahun,” kata pihak keluarga.

Layaknya pejabat, rumah Mbah Sosro juga dibanjiri karangan bunga duka cita dari sejumlah kenalannya. Bahkan, karangan bunga dari Qatar langsung dikirim ke rumah duka. (far)