Home > METRO BERITA > Empat Daerah Diajukan jadi Desa Wisata Baru

Empat Daerah Diajukan jadi Desa Wisata Baru

METROSEMARANG.COM – Empat daerah diajukan sebagai desa wisata baru oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang di tahun 2017 ini. Saat ini masih diproses verifikasi oleh Bappeda Kota Semarang.

Kawasan mangrove di Tapak, Tugurejo. Pemkot Semarang menghasilkan agar Tapak dijadikan sebagai desa wisata. Foto: metrosemarang.com/dok

Keempat daerah tersebut adalah Tapak di Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu, Kelurahan Jatirejo dan Cepoko di Kecamatan Gunungpati, serta Jatibarang di Kecamatan Mijen.

“Kami mendukung daerah yang ingin berkembang menjadi desa wisata,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Masdiana Safitri, Rabu (4/1).

Jika keempatnya lolos verifkasi maka Kota Semarang nantinya akan memiliki 7 desa wisata. Karena saat ini sudaj ada 3 desa wisata masing-masing Kandri dan Nongkosawit di Gunungpati dan Wonolopo di Mijen.

Pihaknya akan memberikan pendampingan dan bantuan anggaran kepada masing-masing desa wisata nanti. Namun calon desa wisata harus benar-benar memiliki spot dan destinasi yang bisa dijual kepada wisatawan dan terus dikembangkan.

“Pengembangan dan penambahan desa wisata bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja,” katanya.

Keberadaan desa-desa wisata ini diyakini akan mampu mendongkrak sektor pariwisata Kota Semarang. (duh)