Home > METRO BERITA > Empat ‘Tikus’ Raskin Dijaring Polisi

Empat ‘Tikus’ Raskin Dijaring Polisi

METROSEMARANG.COM – Empat orang berhasil diamankan kepolisian dari Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang karena melakukan tindak kejahatan pencurian beras miskin (Raskin). Para pelaku beraksi saat truk pengangkut raskin terhenti di daerah Genuk.

Truk pengangkut raskin yang diamankan polisi. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Truk pengangkut raskin yang diamankan polisi. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Mereka adalah, Rumini (39), Kasri (46) dan Rasdi (40) yang merupakan warga Sukodono, Kabupaten Demak dan satu pelaku lagi Wakimin (56) warga Jalan Girikusumo, Mranggen, Kabupaten Demak.

Tindak pencurian tersebut terjadi pada Kamis (18/8) sekitar pukul 20.30. Keempat pelaku melakukan pencurian di daerah Genuk, Kota Semarang. Diduga, saat truk pengangkut Raskin sedang berhenti para pelaku melancarkan aksinya.

Informasi yang didapat, para pelaku melakukan tindak kejahatan dengan menggunakan alat peralon untuk mengambil beras dari dalam truk. Ujung pipa yang dibentuk meruncing digunakan pelaku untuk membuat lubang pada karung, setelah berhasil, beras dalam karung pun masuk dalam pipa peralon dan tinggal membungkusnya.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polrestabes Semarang, AKBP Djoko Julianto saat dikonfirmasi belum mau memberikan keterangan terkait kasus pencurian tersebut. “Nanti ya, nanti,” katanya, saat dikonfirmasi wartawan di Mapolrestabes Semarang, Jumat (26/8).

Dari hasil penangkapan, polisi mengamankan satu truk Mitsubishi warna kuning nopol AD-1310-SE, empat bendel surat jalan raskin, alat kejahatan berupa pipa pralon, 42 karung beras dengan berat 15 kg serta 5 karung beras dengan berat 100 kg. Keempat pelaku terancam pasal 363 KUHP atau 372 KUHP tentang tindak pidana pencurian dan penggelapan. (din)