Home > METRO BERITA > Enam Rumah Rusak akibat Heli, Warga Mangkang Telan Kerugian Rp 20 Juta

Enam Rumah Rusak akibat Heli, Warga Mangkang Telan Kerugian Rp 20 Juta

METROSEMARANG.COM – Sebanyak enam rumah di Kampung Mangkang Tikung, Kecamatan Tugu Semarang rusak, akibat diterjang hembusan angin kencang yang ditimbulkan saat helikopter latih milik Penerbad TNI AD terbang rendah pada Rabu (19/10) pukul 10.00 WIB.

Kerusakan rumah akibat helikopter yang terbang rendah di Mangkang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Kerusakan rumah akibat helikopter yang terbang rendah di Mangkang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Hal tersebut terungkap saat perangkat Kecamatan Tugu serta anggota Penerbad dan Polri mengecek langsung kondisi kerusakan yang ada pada bangunan rumah milik warga Mangkang Tikung.

HM Zen, Camat Tugu mengatakan dampak yang ditimbulkan akibat helikopter yang terbang rendah itu, terlihat pada dua kampung yang berada di Jalan Raya Mangkang.

Di Kampung Wonosari, Ngaliyan kerusakan terjadi pada atap rumah besar yang ada di pinggir jalan. “Sudah kita cek dan beberapa gentengnya copot kena hembusan baling-baling helikopter,” kata Zen.

Selain itu, kata Zen ada pula kerusakan yang dialami enam bangunan rumah di wilayah Mangkang Tikung. Sebuah pintu kaca milik toko material jebol karena terhempas hembusan baling-baling helikopter.

Lalu, menurut Zen, tembok rumah milik salah satu warga ikut runtuh sedangkan kerugian lainnya muncul dari atap rumah yang berterbangan saat kejadian berlangsung.

“Enam rumah yang rusak total kerugiannya mencapai Rp 20 juta,” tegasnya.

Kerugian moril juga dialami warga setempat. Pasalnya, pasca-kejadian banyak warga tampak syok dan ketakutan. “Kerugian moril kemungkinan ada. Makanya sekarang kita lagi berembug dengan warga serta aparat TNI untuk mengatasi hal ini,” ungkap Zen.

Sementara menurut sumber aparat TNI yang mendatangi lokasi kejadian, helikopter yang terbang rendah di Mangkang semula bertujuan untuk menggelar latihan.

“Ada satu regu perwira muda yang kebetulan lagi latihan terbang rendah memakai helikopter seri terbaru milik Penerbad,” kata Solihin, seorang Babinsa yang bertugas di wilayah Tugu tanpa menyebut nomor seri helikopter tersebut.

Untuk saat ini, sejumlah perwira Penerbad dan Polsek Tugu telah mendatangi lokasi. Mereka masih berembug dengan warga yang terdampak saat kejadian. (far)