Home > METRO BERITA > KULINER > Es Dawet Ijo Sampangan, Penawar Kehausan Kala Kepanasan

Es Dawet Ijo Sampangan, Penawar Kehausan Kala Kepanasan

Es Dawet Ijo Sampangan. Foto: Metro Semarang/Lucky Laurence
Es Dawet Ijo Sampangan. Foto: Metro Semarang/Lucky Laurence

Meski di beberapa kota lain hujan sudah mulai turun, namun di Semarang matahari masih bersinar dengan teriknya. Di saat seperti ini, es dawet ijo bisa jadi minuman penawar dahaga akibat kepanasan di jalan.

Salah satu bakul es dawet ijo yang direkomendasikan adalah di depan Apotek Sampangan, atau di seberang Taman Sampangan.

Es dawet ijo ini berisi dawet ijo, tape ketan, kuah santan dan gula jawa bercampur buah nangka, lalu di atasnya diberi es batu yang diserut. Seporsi kesegaran ini dihargai Rp. 4 ribu saja. Jika ingin tambahan duren, Anda harus nambah Rp. 6 ribu. Dan jika ingin tambah tape ketan, satu bungkusnya Rp. 1.000.

Bakul es dawet ijo ini tidak pelit gula. Maka, es dawet ijo yang dijualnya rasanya sangat manis. Bagi Anda yang kurang suka manis, mintalah kepada penjual agar mengurangi gulanya atau menambah kuah santan dan es serut.

Bakul es dawet ijo ini biasa mangkal mulai pukul 08.30 pagi hingga dagangannya habis. Biasanya tidak sampai jam 2 siang, bakul es dawet ijo ini sudah kukutan saking banyaknya yang beli. Jika Anda tidak ingin kehabisan es dawet ijo ini, sebaiknya beli sebelum jam 12 siang. (ren)