Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Esma Akin, Si Cantik Asli Turki yang jadi Wisudawan Tercepat Unnes

Esma Akin, Si Cantik Asli Turki yang jadi Wisudawan Tercepat Unnes

METROSEMARANG.COM – Esma Akin tak pernah bermimpi dapat menjadi wisudawan tercepat di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pasalnya dara kelahiran Turki ini mengaku cukup kesulitan menyesuaikan diri dengan budaya dan makanan Indonesia.

Esma Akin menerima ucapan selamat dari Rektor Unnes. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Esma Akin masuk sebagai mahasiswa Unnes dalam program studi Bahasa Arab pada 2013 silam. “Banyak teman bilang di Indonesia, Semarang itu enak kuliahnya,” ungkap Esma kepada metrosemarang.com, Selasa, (7/3).

Dara berusia 24 tahun ini mengaku cukup sulit beradaptasi karena ia tidak terbiasa makan nasi. Walhasil di awal tinggal di Semarang Esma sama sekali tidak bisa makan.

“Saya biasanya makan roti, dan di sini adanya nasi, tapi sekarang saya suka sekali makanan Indonesia,” imbuhnya.

Menurutnya pihak kampus sangat mengerti kendala bahasa yang ia alami sehingga ia sangat bersyukur memiliki dosen dan teman yang mengerti dan membantunya. Meski sempat terkendala pada masa-masa awal, namun gadis yang sangat menyukai rendang ini mengaku selalu merindukan Semarang.

“Saya selalu pulang setiap liburan, dan selama di rumah, saya selalu rindu teman-teman dan Semarang,” imbuhnya.

Usai meraih gelar sarjana S1 Esma mengaku ingin mengamalkan ilmu yang sudah didapatnya selama di Unnes di tanah kelahirannya Turki. Menurutnya keluarga dan rekannya di Turki sangat tertarik dengan bahasa Indonesia. Bahkan Esma mengaku bahasa Indonesia tidak terlalu sulit untuk dipelajari.

“Saya ingin lanjut S2 tapi saya lebih ingin mengajarkan banyak hal yang saya dapat di sini,” pungkasnya.

Saat wisuda ini gadis berhidung mancung tersebut memang tidak tidak didampingi keluarga. Namun rekannya selama di Semarang sudah cukup membuatnya bahagia. (vit)