Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Event Kartun Internasional di Semarang Diundur Sepekan

Event Kartun Internasional di Semarang Diundur Sepekan

METROSEMARANG.COM – Jadwal pelaksanaan SECAC International Cartoon Exhibition (SICE) 2016 diundur. Sebagaimana dijadwalkan, SICE 2016 akan dilaksanakan pada 22-24 Oktober 2016 di Wisma Perdamaian, Kota Semarang.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

“Mohon maaf, karena ada hal di luar teknis, SICE 2016 terpaksa diundur menjadi 29 Oktober 2016,” kata Ketua SICE 2016, Slamet Widodo, Sabtu (15/10)

Slamet berharap, pameran kartun internasional kali ini bisa menjadi event unggulan Kota Semarang. Sebagaimana diketahui, Kota Semarang merupakan gudang para kartunis. Mereka aktif menghiasi halaman media massa.

Atas nama panitia, Slamet juga mengundang masyarakat untuk menyaksikan pameran kartun yang akan berlangsung di Wisma Perdamaian mulai 29-31 Oktober 2016.

Kartunis Semarang juga sangat aktif mengikuti kontes kartun internasional. Beberapa di antaranya bahkan mampu menorehkan prestasi. Sebut saja Jitet Koestana dengan penghargaan internasional terbanyak, tercatat sekitar 116 penghargaan. Ikhsan Dwiono, Darsono, dan Legga Cecilia juga beberapa kali menjuarai kontes kartun internasional.

Humas SECAC, Arif Srabilor menambahkan, hingga hari terakhir pendaftaran pameran, panitia telah menerima kiriman karya dari 340 kartunis. Mereka berasal dari 64 negara di dunia. “Masing-masing kartunis rata-rata mengirim 3 karya. Jadi karya yang kami terima sampai hari ini sekitar 1.000 karya,” ungkapnya.

Dia mengatakan, panitia telah melakukan seleksi karya tahap awal pada 29 September 2016 lalu. Seleksi dilakukan oleh tim kurator yang terdiri dari Jitet Koestana, Koesnan Hoesie dan Slamet Widodo.

“Dari seleksi itu, panitia sudah mengantongi sekitar 100 karya untuk dipamerkan. Selesksi tahap kedua akan kami lakukan dalam waktu dekat ini,” kata Arif.

Arif menambahkan, selain pameran kartun SICE 2016 juga akan diramaikan dengan orasi budaya. Budayawan yang juga kartunis SECAC, Prie GS akan menyampaikan orasinya tentang kartun Semarang. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga akan diundang untuk membuka sekaligus memberikan orasinya dalam pameran ini. (ade)