Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Facebook, Ericsson dan XL Berkolaborasi Tingkatkan Kinerja Jaringan

Facebook, Ericsson dan XL Berkolaborasi Tingkatkan Kinerja Jaringan

facebook
Mark Zuckerberg – CEO Facebookbersama Hasnul Suhaimi – Presiden Direktur XL dan direksi XL di Four Seasons Hotel, Jakarta dalam acara kerjasama antara Facebook, Ericsson dan XL. Foto Metrosemarang/ist

JAKARTA – Facebook, Ericsson dan XL Axiata berkolaborasi untuk meningkatkan kinerja jaringan secara menyeluruh (end to end).  Optimalisasi perluasan jaringan yang diimplementasikan melalui proyek kerjasama ini akan meningkatkan hingga 70 persen dari cakupan aplikasi. Kesepakatan kerjasama itu dilakukan di Four Seasons Hotel, Jakarta, Senin (13/10).

Chris Daniels, Vice President, Internet.org, Facebook mengatakan, kerjasama ini sebagai bagian untuk menghubungkan dua pertiga penduduk dunia yang belum memiliki koneksi internet. “Dengan metodologi yang telah ditetapkan dalam white paper, kita memiliki model untuk meningkatkan kinerja jaringan yang dapat diaplikasikan secara global melalui operator jaringan bergerak di dunia. Ini akan membantu meyakinkan bahwa kita lebih efisien menggunakan kapasitas jaringan dan sumber daya yang ada,” kata Daniel dalam rilis yang disampaikan XL Axiata, Selasa (14/10).

Proyek Internet.org menghasilkan simulasi aplikasi Facebook dengan menggunakan tes aplikasi agent pada jaringan Ericsson, telah berhasil meningkatkan  kinerja jaringan hingga 70 persen dari cakupan aplikasi (apps coverage) di jaringan XL Axiata. Di Indonesia, 75 persen pengguna berada pada jaringan 2G GSM/EDGE, Indonesia sendiri merupakan basis pengguna Facebook terbesar ke-empat di dunia.

Perubahan realitas pasar di Indonesia tercermin dalam jaringan XL Axiata dimana pada tahun 2013, trafik data meningkat sebesar 142 persen. Menurut XL Axiata, setengah dari 62.9 juta pelanggannya  adalah pengguna data dan sebagian besar dari mereka menggunakan Facebook.

“Kami senang berkolaborasi dengan Ericsson dan Facebook. Ini adalah pertama kalinya di dunia, operator, provider teknologi jaringan, dan provider aplikasi bekerjasama dalam satu proyek, dan XL bangga telah dipilih oleh Facebook sebagai mitra operator di Indonesia,” terang Hasnul Suhaimi, Chief Executive Officer XL Axiata.

Dia berkeyakinan bahwa app coverage merupakan hal yang penting. Hal itu bisa terlihat dalam menggunakan aplikasi Facebook pada network-wide statistics telah terbukti menjadi sebuah cara yang inovatif dan efisien untuk mendeteksi dan memberikan kesempatan dalam mengoptimalkan jaringan telekomunikasi dan aplikasi.

Johan Wibergh, Executive Vice President dan Head of Segment Networks, Ericsson mengatakan, proyek kerjasama ini sesuai dengan visi Ericsson dalam Networked Society. “Proyek kerja sama Ericsson yang terbaru dengan Facebook dan mitra kami, XL Axiata, telah menaikkan standar dalam hal pemahaman, mengukur, dan meningkatkan app coverage – performa jaringan dari perspektif pengguna,” katanya. (*)