Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Festival Integritas Kampus, KPK Dorong Mahasiswa Ciptakan Perubahan Sosial

Festival Integritas Kampus, KPK Dorong Mahasiswa Ciptakan Perubahan Sosial

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan Festival Integritas Kampus (FIK) 2016 di tiga kota, Semarang, Yogyakarta, dan Malang. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) terpilih menjadi tuan rumah FIK di Kota Semarang dengan tema Buat Jejak Masa Depanmu.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang memberi pemaparan kepada mahasiswa di Aula FISIP Undip, Rabu (16/11). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang memberi pemaparan kepada mahasiswa di Aula FISIP Undip, Rabu (16/11). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri 

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menuturkan, pemberantasan korupsi akan berhasil jika masyarakat terlibat dan berperan aktif dalam gerakan antikorupsi. Kampus menurutnya adalah sumber intelektualitas sehingga harus digunakan sumber dayanya dalam menjalankan tugas besar tersebut.

“Semua elemen masyarakat¬† harus terlibat tanpa terkecuali,” tegas Saut usai penganugerahan FIK 2016 di Aula FISIP Undip gedung A lantai 3, Rabu (16/11) siang.

Gerakan antikorupsi yang digagas mahasiswa menurutnya akan memberikan efek positif selain melatih integritas mahasiswa sebelum masuk ke dunia kerja. Kasus-kasus yang terjadi di kampus Undip pasti akan berbeda dengan dua kampus lainnya yang juga terpilih menjadi tuan rumah FIK 2016 yaitu Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Brawijaya Malang.

Ia menambahkan, mahasiswa juga perlu dihukum ketika melakukan pelanggaran, karena jika diberi pemakluman maka akan menjadi kebiasaaan. “Perlu juga mahasiswa dihukum, skorsing misalnya,” imbuhnya.

Saut mengaku bangga dengan karya kampanye sosial yang dilakukan oleh mahasiswa. Ia berharap melalui ajang ini mahasiswa dapat mengimplementasikan keilmuan masing-masing secara positif. (vit)