Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Film Perekrutan ISIS “Jihad Selfie” bakal Diputar di Semarang

Film Perekrutan ISIS “Jihad Selfie” bakal Diputar di Semarang

METROSEMARANG.COM – Proses perekrutan kelompok teroris ISIS  dengan memanfaatkan media sosial, baik Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram, dan Skype bakal dibuka blak-blakan melalui sebuah film dokumenter.

Film garapan Noorhuda Ismail, penerima beasiswa Australian Award 2014 itu bakal ditayangkan gratis untuk umum, dalam diskusi di Aula Kantor Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jateng Jalan Ahmad Yani nomor 160 Semarang, Selasa 26 Juli 2016 mendatang.
jihad selfie
Pemutaran film sekaligus diskusi yang digagas Komunitas Journalist Creative Semarang bekerjasama Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) itu juga secara langsung menghadirkan sosok Noorhuda Ismail.

“Film ini mengupas fakta perekrutan kelompok teroris. Setiap adegan dibuat secara riil, nyata tanpa rekayasa melalui script atau skenario,” ungkap Ketua Komunitas Journalist Creative Semarang, Damar Sinuko, Kamis (21/7).

Menurut Damar, kisah yang diilhami dari perjalanan hidup sang sutradara itu menceritakan kisah remaja 17 tahun asal Aceh bernama Akbar Maulana yang mulai terpikat dengan ISIS tahun 2014 silam.

Ide tentang pembuatan film dokumenter mengenai fakta tersebut muncul di benak Noorhuda. Penggarapannya sendiri dilakukan pada Maret 2015 hingga berakhir pada Juni 2016.

Di sisi lain, film dokumenter ini memiliki misi edukasi dan pencegahan terkait terorisme yang mengancam generasi muda. Bahkan terungkap bahwa perekrutan kelompok radikal ini bukan lagi pada obyek kelompok atau organisasi garis keras.

“Pola perekrutan sudah mengalami pergeseran dengan memanfaatkan jejaring sosial. Bahkan obyeknya generasi muda yang saat ini demen menggunakan media sosial,” tandasnya. (yas)