Home > Berita Pilihan > Fina, Anak Pemulung Jadi Wisudawan Terbaik Unnes

Fina, Anak Pemulung Jadi Wisudawan Terbaik Unnes

METROSEMARANG.COM – Fina Larasanti, seorang anak pemulung hari ini, Rabu (27/7), mendapat predikat sebagai mahasiswa Ilmu Politik terbaik setelah meraih cumlaude dengan IPK 3,77 di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Ia bahkan mampu lulus kuliah hanya 10 bulan, sehingga melampaui pencapaian yang dilakukan teman sebayanya.

Fina bersama keluarga usai menanggalkan status mahasiswa, Rabu (27/7). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Fina bersama keluarga usai menanggalkan status mahasiswa, Rabu (27/7). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Allhamdullilah, perjuangan saya yang tiap hari menempuh perjalanan 7 kilometer dari rumah untuk berkuliah di Unnes ternyata tidak sia-sia,” kata wanita 21 tahun ini, saat menghadiri pelepasan wisudawan di Auditorium Unnes Gunungpati, pukul 12.00 WIB siang.

Fina mengaku terharu karena dapat mewujudkan cita-cita ayahnya yang saban hari mengais barang rongsokan. Putri pasangan Misianto dan Siti Larasati tersebut mengatakan, harus mencari pekerjaan sampingan untuk tambal sulam biaya kuliahnya.

“Ya harus pontang-panting cari biaya kuliah tambahan, karena harus bantu bapak juga. Selama kuliah, saya pernah jadi pemetik cengkeh, penjaga toko, pokoknya apapun saya lakukan agar dapat lulus kuliah,” jelasnya.

Ia menyampaikan tak mudah untuk meraih predikat mahasiswa terbaik di Unnes. Sampai akhirnya, ia memilih merancang skripsi berjudul “Marketing Politik Pasangan Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti”.

“Dan itu ternyata yang bikin saya dapat nilai tertinggi. Enggak nyangka karena ketemu Pak Hendi saja itu kebetulan banget saat di DPRD Semarang,” terangnya.

Kini, masa depannya boleh dibilang cerah. Literasi skripsinya itu mampu mengantarkannya meraih beasiswa S-2 di kampus yang sama. “Saya pengin jadi dosen di sini,” akunya. (far)