Home > METRO BERITA > METRO SPORT > ‘Final’ Lawan Bali, Pelatih Jateng Siapkan Duo Agung

‘Final’ Lawan Bali, Pelatih Jateng Siapkan Duo Agung

METROSEMARANG.COM – Jawa Tengah dipastikan kehilangan Heru Styawan saat melakoni laga terakhir putaran grup cabor sepakbola PON XIX Jabar, Minggu (18/9). Sebagai gantinya, pelatih Anjar Jambore Widodo bakal menyiapkan Ardianto Agung dan Ahmad Agung Setiabudi untuk mengisi satu slot di lini tengah.

Ahmad Agung menjadi salah satu opsi di lini tengah Jateng. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Ahmad Agung menjadi salah satu opsi di lini tengah Jateng. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Jawa Tengah harus bersaing dengan DKI Jakarta dan Bali untuk mendampingi Jawa Barat yang sudah mengamankan satu tiket di babak 8 besar. Soni Setiawan dkk saat ini menghuni posisi runner up Grup A dengan raihan tiga angka dari dua pertandingan.

Peraih perunggu PON XVIII/2012 Kaltim itu lebih berpeluang lolos dibanding DKI dan Bali yang baru mengoleksi satu angka. Jateng hanya butuh hasil seri di laga terakhir lawan Bali, dengan catatan DKI gagal menang lawan Jabar.

Namun, Anjar Jambore menegaskan timnya tetap mengincar poin maksimal dan tak ingin bergantung pada hasil pertandingan lain. Pelatih asal Jepara ini berharap anak asuhnya bisa mengulangi performa saat mengalahkan DKI 1-0, Jumat (16/9) kemarin.

“Kami tetap fight mengincar kemenangan. Mudah-mudahan anak-anak minimal bisa menampilkan permainan seperti lawan DKI kemarin,” kata dia, Sabtu (17/9).

Namun, Anjar dipastikan tidak bisa menampilkan komposisi terbaik saat meladeni Bali. Gelandang Heru Styawan terpaksa absen karena akumulasi kartu. Dalam dua pertandingan sebelumnya, penggawa Persita Tangerang itu selalu menjadi pilihan pertama di lini sentral Jateng bersama Adit Wafa.

“Heru absen karena akumulasi kartu. Tapi, saya sudah siapkan Ahmad Agung atau Ardianto Agung,” imbuhnya.

Anjar pun enggan meremehkan kekuatan Bali, sekalipun Jateng pernah mengalahkan tim yang sama di laga ujicoba. Saat itu, Soni Setiawan dkk menang dengan skor 2-0.

“Hasil di ujicoba tidak bisa dijadikan ukuran. Kami juga pernah mengalahkan Jabar saat ujicoba. Bali juga sudah berubah, baik dari pemain maupun taktikal,” tegasnya.

Pada laga pembuka, Rabu (14/9) Jateng harus mengakui keunggulan Jabar dengan skor 1-2. Namun, dua hari kemudian mereka bisa bangkit dan mengalahkan DKI lewat gol tunggal Ade ‘Aldo’ Kurniawan.

Kick off pertandingan terakhir Grup A akan digelar bersamaan mulai pukul 15.00. Jateng vs Bali berlangsung di Stadion Anggraeni Bogor, sedangkan Jabar vs DKI tetap dimainkan di Stadion Pakansari Cibinong.

Babak penyisihan di putaran final PON kali ini diikuti 12 tim yang dibagi dalam tiga grup. Dua peringkat teratas masing-masing grup dan dua tim peringkat tiga terbaik berhak lolos ke perempatfinal. (twy)

Prakiraan Pemain

Jawa Tengah
Fery Bagus–Ricky Fajrin, Haudi Abdillah, Rio Saputra, Sony Setiawan (c); Adit Wafa Shadikul, Ahmad Agung/Ardianto Agung, Septian David, Sholikul Islam, Ragil Putut; Andika Dian

Pelatih: Anjar Jambore

Bali
I Putu Pager Wirajaya–I Wayan Agus Novic, I Nyoman Adi Parwa, I Gede Yudi Antara; Felsianus Juniur, Ridwan Abdillah; AA Ngurah Surya Negara (c), I Gusti Bagus Alit, Samsul Pelu; Kushedya Hari Yudho

Pelatih: AA Kt Bramastra