Home > METRO BERITA > Sosialita > Firdaus Hidayat: Kenalkan Sugar Glider, Hewan Endemik Papua

Firdaus Hidayat: Kenalkan Sugar Glider, Hewan Endemik Papua

image
Firdaus Hidayat (foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya)

INDONESIA memiliki hewan yang unik yang tidak dimiliki negara lain. Sugar Glider contohnya, hewan endemik dari Papua ini mulai diminati masyarakat untuk dijadikan hewan peliharaan.

Seorang mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Firdaus Hidayat, memiliki keinginan untuk mengenalkan hewan ini kepada masyarakat. “Sugar Glider merupakan hewan marsupial atau berkantong. Selain itu Sugar Glider juga bisa dilatih,” kata dia.

Firdaus berharap, dengan kenalnya masyarakat pada hewan endemik, bisa meningkatkan kecintaan orang-orang pada hewan-hewan yang ada di Indonesia. Saat ini dia memiliki enam ekor Sugar Glider hasil pengembangbiakannya selama satu tahun.

Dia juga memberi edukasi pada masyarakat bahwa Sugar Glider merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. “Cara memeliharanya relatif mudah. Makanannya bisa berupa buah, serangga dan bubur bayi,” terang dia.

Bahkan untuk menjaga hewan ini, ada semacam kontes khusus Sugar Glider. “Yang dinilai dari juri biasanya dari segi kesehatan, kelincahan dan nafsu makan,” kata pemuda asal Tegal. (ade)