Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > FK UNDIP Perkuat Kerjasama dengan Belanda

FK UNDIP Perkuat Kerjasama dengan Belanda

Fakultas Kedokteran Undip, Tembalang (foto: situs Undip)
Fakultas Kedokteran Undip, Tembalang (foto: situs Undip)

 

Fakultas Kedokteran Undip memperkuat kerjasama dengan Radboud University Nijmegen Belanda dengan ditandatanganinya Plant Of Operation (POO) 2014-2017, Jumat (15/8), di Ruang Sidang Dekan Fakultas Kedokteran Undip Tembalang. Kerjasama ini merupakan pemantapan setelah selama 25 tahun kedua institusi menjalin kerjasama.

Pembantu Rektor IV Undip, Prof. Sultana M Faradz mengatakan bahwa POO ini bertujuan untuk mengembangkan Fakultas Kedokteran Undip terutama dalam bidang biomedical sciences, human genetics, metabolic diseases, infectious diseases, advanced biotechnology, paediatric endocrinology dan cardiology. Selain itu POO ini juga bertujuan meningkatkan sumberdaya manusia terutama staff akademik dan fasilitas.

“Kualitas staff akademik dan staf non- akademik seperti perawat di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) akan ditingkatkan. Akademik staff akan ditingkatkan menjadi MSc atau PhD dan akan menerima pelatihan di bidang biomedical sciences, human genetics, metabolic diseases, infectious diseases, advanced biotechnology, paediatric endocrinology dan cardiology. Sedangkan staf non akademik seperti perawat akan berpartisipasi dalam pelatihan dan kursus-kursus dalam cardiology (jantung) dan paediatic endocrinology” ujarnya.

“Kerjasama ini tentunya akan menjadi center of excellence dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya Kardiologi. Undip berupaya menonjolkan potensi yang dimiliki yang dibutuhkan di masyarakat dan dikembangkan  baik untuk pendidikan, riset dan pelayanan” lanjutnya. “Aktivitas yang sudah dilaksanakan akan akan terus dilanjutkan adalah exchange lecture, exchange student, join research, Simposium, seminar dan workshop” tambahnya

Prof. Sultana mengatakan bahwa Undip telah memiliki sembilan tenaga Kardiologi sehingga sangat potensial untuk dikembangkan. Semua rumah sakit memiliki sesuatu yang menonjol, Undip telah mengembangkan epilepsi, genetika dan untuk tahun ini berupaya mengembangkan spesialis jantung.  Dengan kompetensi dan kekuatan yang  telah dimiliki Undip di bidang Kardiologi, Rumah Sakit Pendidikan Undip sebagai hospital networking tetap bersinergi dengan RSUP Dr. Kariadi Semarang sebagai RS Pendidikan dalam  mengembangkannya.

Pihak Nijmegen sangat menyambut baik kerjasama ini dan siap membantu, baik pendidikan yaitu perkuliahan/visiting professor, riset  dan hands on training para dokter di depan pasien langsung, bahkan dibicarakan juga tentang kemungkinan bantuan alat-alat kardiologi yang berlebih atau sudah tidak terpakai  di sana. Jalinan kerjasama yang telah berjalan lama dengan Nijmegen Belanda dan telah menghasilkan banyak doktor-doktor serta  melakukan program pertukaran mahasiswa/dosen agar terus berkesinambungan sehingga menciptakan simbiosis mutualisme. (mam)

Sumber: situs Undip

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link