Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > FPIK Undip-Universitas Prancis Kerjasama Pengelolaan Wilayah Pesisir

FPIK Undip-Universitas Prancis Kerjasama Pengelolaan Wilayah Pesisir

International Workshop mengenai Pencemaran Laut, Rabu(15/10) di Kampus Undip Tembalang (foto: situs Undip)
International Workshop mengenai Pencemaran Laut, Rabu(15/10) di Kampus Undip Tembalang (foto: situs Undip)

SEMARANG – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip menjalin kerjasama dengan Universitas-Universitas yang ada di Prancis mengenai pengembangan dan pengelolaan wilayah  pesisir yang dikemas dalam bentuk International Workshop mengenai Pencemaran Laut, Rabu(15/10) di Kampus Undip Tembalang.

Dekan FPIK Undip, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zaenuri DEA, mengatakan bahwa International Workshop ini adalah salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan oleh FPIK Undip dengan Universitas yang ada di Prancis yang difasilitasi oleh Kedutaan Besar Prancis yang ada Indonesia.
“Kerjasama dengan Pemerintah Perancis ini sudah kita bangun sejak lama dan ada dua pendekatan kerjasama, yaitu di bidang akademik, contohnya program Double Degree dan Joint Research dan di bidang pengelolaan wilayah pesisir” ujarnya.

Undip sendiri melihat persoalan pengelolaan pesisir dan pulau-pulau kecil bukan hanya persoalan akademis, tapi ada persoalan yang lain, seperti sosio kultural yang ada di dalam masyarakat. Dan perlu diingat bahwa banyak persoalan mengenai manajemen dan pengelolaan pulau-pulau kecil di daerah, di mana belum banyak ahli di bidang pengelolaan pesisir. Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat menyinergikan para stakeholder, yaitu peneliti, investor dan para pemangku kebijakan untuk dapat saling mendukung dan mensinergikan program bersama. (mam)

Sumber: situs Undip