Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Gandeng Bank Sampah, Fakultas Saintek Awali Program Green Campus di UIN Walisongo

Gandeng Bank Sampah, Fakultas Saintek Awali Program Green Campus di UIN Walisongo

METROSEMARANG.COM – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang sedang menjalankan Program Green Campus di lingkup Kampus Walisongo. Green Campus merupakan sebuah konsep yang sudah lama ada dan baru-baru ini kembali digalakkan menjadi program prioritas di beberapa kampus.

Green Campus terus digalakkan di UIN Walisongo. Foto: metrosemarang.com/istimewa
Green Campus terus digalakkan di UIN Walisongo. Foto: metrosemarang.com/istimewa

Dekan FST UIN Walisongo, Ruswan mengatakan konsep green campus harus menjadi sebuah gerakan sehingga diharapkan setelah diawali oleh FST juga dapat diikuti oleh fakultas lain. Sudah dibentuk divisi-divisi di antaranya divisi energi, divisi sampah, divisi penghijauan, dan divisi publikasi untuk mensukseskan gerakan ini.

Dia menjelaskan, FST dijadikan sebagai pilot project pelaksanaan program green campus. “Langkah awal yang diambil agar program green campus dapat terlaksana baik ialah dengan merangkul Bank Sampah Walisongo (BSW) untuk mengelola sampah yang berada di lingkungan FST. Dengan adanya sinergi ini diharapkan akan cepat tercipta kampus ramah lingkungan,” kata dia, Senin (24/10).

Selain bekerjasama degan BSW, divisi energi sudah melakukan gerakan awal berupa penempelan stiker bertemakan hemat energi di gedung-gedung kuliah dan di kantor jurusan setelah dilangsungkannya diskusi. (ade)