Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Ganjar Minta Masyarakat Hemat Penggunaan BBM

Ganjar Minta Masyarakat Hemat Penggunaan BBM

image
Ganjar Pranowo. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, Saat ini PT Pertamina sedang melakukan pengendalian BBM agar stok yang ada mencukupi hingga akhir tahun. Untuk itu ia meminta masyarakat untuk menghemat pemakaian bahan bakar minyak (BBM). 

“Kebijakan pengendalian ini harus diimbangi dengan penghematan masyarakat,” katanya, di Gubernuran, Selasa (25/8).

Pihak yang tidak berhak menggunakan BBM bersubsidi juga diimbau membeli BBM nonsubsidi. “Yang tidak berhak menggunakan subsidi jangan beli subsidi, agar subsidinya kena,” tegasnya.

Di sisi lain, Pertamina harus memahami persepsi masyarakat yang awam terhadap persoalan BBM. Masyarakat hanya tahu bahwa solar dan bensin langka di SPBU. Ketika tidak ada sosialisasi sebelumnya, maka kepanikan di masyarakat jelas akan terjadi. Maka ia meminta Pertamina membuat pengumuman resmi tentang pengendalian tersebut. “Sampaikan saya kondisinya, buat keterangan di SPBU, misalna. Tapi pertamax juga harus disediakan,” katanya.

Sebelumnya, Pertamina menyatakan, stok bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar telah menipis persediaanya. PT Pertamina harus melakukan pengendalian agar stok BBM mencukupi hingga akhir tahun.

General Manager PT Pertamina Jateng-DIY Soebagio H. Moeljanto mengatakan, bahwa sesuai dengan skala nasional pengendalian BBM bersubsidi harus dilakukan karena jika tidak maka pasokan kebutuhan masyarakat  akan habis dalam beberapa bulan kedepan.

“Kalau premium tidak dikendalikan akan habis pada akhir November 2014, sedangkan solar kalau tidak dikendalikan akan habis pertengahan Desember 2014, tapi kami pastikan tiap hari ada,” ujarnya. (Metrojateng/MJ-03)