Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Ganjar Puji Gebrakan Undip Beri Gelar Kehormatan untuk Menteri Susi

Ganjar Puji Gebrakan Undip Beri Gelar Kehormatan untuk Menteri Susi

METROSEMARANG.COM – Susi Pudjiastuti telah resmi dikukuhkan menjadi doktor di bidang kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan dari Universitas Diponegoro (Undip) dalam rapat senat terbuka di gedung Prof. Sudharto Undip Tembalang, Sabtu (3/12). Gebrakan ini mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Gelar doktor tersebut didapatkan Susi berkat integritasnya di bidang kelautan dan perikanan. Untuk sampai pada titik ini, Susi telah melalui banyak hal termasuk status pendidikannya yang lulusan SMP yang kerap dijadikan bahan kritik. Namun, ia memiliki trik untuk mengatasi hal tersebut dimulai dari para stafnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Yang saya tekankan kedisiplinan pegawai, saya bekerja dengan pegawai negeri yang tidak bisa saya pecat, jadi saya akali dengan permen 58, jika mereka tidak disiplin maka mereka melanggat permen itu,” bener Susi disambut tepuk tangan meriah dari para peserta rapat senat.

Ia juga menambahkan, tidak benar juga kalau kebijakan darinya tidak scientific karena dari 11 ribu karyawan KKP adalah doktor bahkan profesor. Susi membeberkan pencuri ikan yang juga pelaku ilegal fishing tidak hanya mengambil ikan tapi juga tindakan kriminal seperti penyelundupan barang yang diharamkan, seperti miras, senjata api.

“Berangkat dari Indonesia mereka tidak hanya menawarkan ikan tapi juga menawarkan burung cendrawasih, buaya, orang utan, ikan yang akan punah, juga pengambilan koral merah yang mahal juga ekspor mutiara secara ilegal,” bebernya.

Ganjar Pranowo yang juga turut hadir, menyebut Susi dengan nama Susi ‘kontroversi’ Pujiastuti. Panggilan Ganjar tersebut sontak mengundang tawa. Ganjar sedikit menceritakan sosok Susi sebagai sosok yang berpendidikan, ja mengaku ragj jika susi tidak berpendidikan.

“Saya ragu kalau Susi bodoh, karena sekolahnya dulu di SMA 1 Jogja yang tidak bisa semua masuk termasuk saya,” tuturnya.

Ia juga menceritakan sosok Susi yang berani mengungkapkan pemberontakannya dan kegelisahannya yang berujung pada status ijazahnya yang hanya sampai SMP. Pemberian gelar doktor kehormatan ini kata Ganjar adalah gebrakan Undip dengan memberikan gelar kepada orang yang dianggap tidak berpendidikan.

“Semoga Bu Susi tidak memusuhi akademisi, dan bahwa Susi ngeyel itu gawan bayi,” imbuh Ganjar.

Terakhir Ganjar memberikan selamat serta harapannya semoga Susi dapat melaksanakan amanah tersebut dengan baik. Meski ia tidak memiliki pendidikan formal tapi bukan berarti Menteri Kelautan dan Perikanan itu tidak belajar, tetapi mengerti betul dengan semua kebijakan yang ia lakukan. (vit)