Home > METRO BERITA > Gelar Aksi Teatrikal di CFD, Puluhan Anak Serukan Stop Eksploitasi Seksual

Gelar Aksi Teatrikal di CFD, Puluhan Anak Serukan Stop Eksploitasi Seksual

METROSEMARANG.COM – Puluhan anak yang dinaungi Yayasan Setara Semarang mengkampanyekan anti eksploitasi seksual terhadap anak, berbarengan dengan kegiatan car free day (CFD) di Simpang Lima, Minggu (24/7) pagi. Aksi ini sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2016.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Anak-anak tersebut menggelar aksi teatrikal di tengah-tengah ribuan orang yang memadati Jalan Pahlawan hingga Simpang Lima. Sambil membawa atribut-atribut bertuliskan stop kekerasan pada anak, mereka juga menyerukan bahwa anak bukanlah obyek seks.

“Ini adalah bentuk kampanye kami untuk mengenalkan pada masyarakat tentang eksploitasi sesksual terhadap anak,” ungkap Ika Camekia, Direktur Yayasan Setara kepada metrosemarang.com.

Menurutnya, saat ini Semarang sudah darurat kekerasan terhadap anak, sehingga dibutuhkan pengawasan bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat. Ia menambahkan, kampanye ini juga dilakukan bersama Forum Anak Anti Eksploitasi Seksual Anak (ESA) dan PKK Kota Semarang.

“Iya kami bekerja sama dengan PKK mengisi MPLS di 184 sekolah di Semarang. Kami juga ingin mengingatkan bahwa anak-anak bukanlah obyek seksual,” imbuh Ika.

Ia berharap dengan kampanye tersebut dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat pada kekerasan terhadap anak. Terlebih menurutnya saat ini perlindungan orang tua sudah makin susah dilakukan karena menjamurnya gadget berjenis ponsel pintar yang marak digunakan anak-anak. (vit)