Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Gelar Lomba Kartun Bertema Transportasi, Secac Siapkan Hadiah Puluhan Juta

Gelar Lomba Kartun Bertema Transportasi, Secac Siapkan Hadiah Puluhan Juta

METROSEMARANG.COM – Semarang Cartoon Club (Secac) bekerjasama dengan Astra Motor menggelar lomba kartun internasional bertajuk Astra Motor International Cartoon Contest 2017. Lomba secara resmi dimulai pada 5 Januari 2017 mendatang.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Dewan komisioner lomba, Jitet Koestana mengungkapkan lomba kali ini mengangkat tema Transportasi dengan subtema Etika Berlalu-lintas. Tujuannya, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses transformasi dan akselerasi bidang transportasi secara luas.

“Agar Indonesia menjadi negara yang tertib dan santun dalam berlalu lintas,” kata pemegang rekor Muri, kartunis peraih penghargaan internasional terbanyak itu, Senin (2/1).

Melalui lomba kartun Astra Motor, Jitet mengajak para kartunis di seluruh dunia untuk mengkritisi, mencandai sekaligus memberi masukan kepada para pemangku kepentingan bidang transportasi.

Jitet menyampaikan, peserta lomba bisa mengirimkan maksimal 5 karya, dengan ketentuan ukuran minimal 1 MB, format JPG dengan resolusi 200-300 dpi. Karya harus berwarna dengan mode RGB. Karya dikirim melalui email amcartooncontest@gmail.com paling lambat 31 Maret 2017.

Dia menambahkan, dalam lomba ini memperebutkan hadiah utama Rp 15 juta dan sertifikat, sedangkan untuk pemenang kedua mendapatkan Rp 9 juta dan sertifikat. Untuk pemenang ketiga mendapatkan Rp 6 juta dan sertifikat. Lima pemenang harapan (citations) juga akan memeroleh hadiah masing-masing Rp 3 juta. Hadiah dikenai pajak penghasilan 15 persen.

“Hasil lomba akan diumumkan pada 25 April 2017 melalui berbagai media yang ada,” kata Jitet. (ade)