Home > METRO BERITA > Gelar Makan Gratis, Warung Shodakoh Diserbu Warga Miskin di Semarang

Gelar Makan Gratis, Warung Shodakoh Diserbu Warga Miskin di Semarang

METROSEMARANG.COM – Sri Sulastri tampak tergopoh-gopoh menuju sebuah warung di sudut Jalan Puspanjolo, Semarang Barat Minggu siang (14/8). Ia lalu mengambil beberapa sayur untuk dibungkus.

Warung Shodakoh di Puspanjolo Semarang Barat khusus menyediakan makan gratis untuk warga miskin. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Warung Shodakoh di Puspanjolo Semarang Barat khusus menyediakan makan gratis untuk warga miskin. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ia bilang tak perlu mengeluarkan uang sepersenpun alias gratis. “Sama mbaknya disuruh bawa pulang enggak usah bayar,” kata Sri kepada metrosemarang.com.

Pada warung itu hanya terpampang spanduk besar dengam tulisan ‘Warung Shodakoh’. Ternyata, tak hanya dia yang ada di warung itu. Puluhan orang yang penuh peluh keringat tak henti berdatangan untuk memesan makanan.

Pemilik ‘Warung Shodakoh’ di Jalan Puspanjolo, Elya Rinasajati menyebut orang-orang yang datang ke warungnya kebanyakan berasal dari kalangan warga miskin. Sebab, sesuai namanya ‘Warung Shodaqoh’ membagikan makanan gratis bagi mereka.

“Ini adalah gerakan soliraditas yang muncul dari komunitas Sosialita Team For Charity. Kita terinspirasi dari warung serupa di Yogyakarta,” kata Elya.

‘Warung Shodakoh’ buatannya buka tiap sebulan sekali, saban Sabtu dan Minggu pukul 11.00-13.00 WIB. Bagi-bagi makanan gratis itu demi membantu fakir miskin dan kaum dhuafa agar dapat hidup lebih baik lagi.

Ia mengatakan sedikitnya 200 porsi ludes dalam sehari. Tiap porsi terdapat sayuran lauk tempe dan beberapa potong daging. “Semuanya dari donasi anggota komunitas,” jelasnya.

Ngatmin, tukang becak yang mangkal di Jalan Pusponjolo pun tak mau ketinggalan menyantap makanan gratis di warung tersebut.

“Makanan gratis di sini sangat membantu keluarga saya. Saya mau bungkus buat istri dan anak di rumah,” akunya. (far)